Dosen Prodi Humas Ikuti AABSS Conference 2014 di Malaysia.

 

ABBSKUALALUMPUR– Tiga orang dosen dari Prodi Humas Fikom Unpad, belum lama ini mengikuti Australian Academy of Businesses and Social Sciences (AABSS) Conference 2014 di Grand Seasons Hotel Kuala Lumpur, Malaysia. Dosen yang mengikuti kegiatan ini, yaitu Aang Koswara, Aat Ruchiat Nugraha, dan Syauqi Lukman. Tim dosen ini juga bekerjasama dengan Fiona Verity dari Flinders University, Australia. Mereka mempresentasikan sebuah makalah berjudul “The Public Relations Function and Coorporate Social Responsibility Practices in Indonesia: A Study of CSR Reporting Through Websites of Indonesia’s State Owned Entities (SOEs)”.

 
Karya ilmiah ini mengkaji studi public relations dan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia. Studi ini dilakukan dengan menguji komunikasi CSR berbasis web pada 140 State-owned Entities (SOEs) di Indonesia. Kesimpulannya, fungsi public relations via medium ini bervariasi dalam implementasinya. Lebih jauh lagi, praktik CSR seperti yang dideskripsikan pada halaman web SOE, sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia, fokus utamanya pada program kerjasama dan pengembangan komunitas. Terlihat adanya kesempatan untuk memperkuat koneksi antara proses PR dan praktik CSR dalam perusahaan umum di Indonesia. Selain itu, juga ada peluang untuk perpanjangan kapasitas komunikasi lebih jauh menjadi dialog dua arah yang berlangsung dengan stakeholders.

 
Konferensi ini bertujuan untuk mempromosikan dan publikasi ide-ide penting bisnis kepada dunia, demi bertahan dengan tingginya persaingan di dunia bisnis global yang terintegrasi saat ini, serta lingkungan sosial dan ekonomi. AABSS Conference 2014 juga berfungsi sebagai platform untuk melayani keperluan para peneliti, pendidik, mahasiswa program sarjana bisnis dan ilmu sosial di seluruh dunia. Konferensi tahunan mengharapkan kontribusi besar dari seluruh akademisi maupun praktisi bisnis dan sosial. (evelynd)