Dosen Tomsk Polytechnic University Russia Berkunjung ke Fikom Unpad

 

Kunjungan-Rusia-editJATINANGOR – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menerima kunjungan tim dosen dari Tomsk Polytechnic University, Rusia Jumat (10/10) di Ruang Oemi Abdurrahman . Selain bertukar pengalaman, mereka juga berbagi pengetahuan tentang budaya dan bahasa masyarakat Rusia.

 
Dua orang perwakilan Russian Bussiness Culture and Language ini memberikan materi tentang bagaimana tata cara berbisnis dan bersikap dalam kultur kehidupan di Rusia. Evgeniya Sherina, Ph.D, Assos.prof selaku Head of Russian as a Foreign Language Department di Tomsk Polytechnic University mempresentasikan beberapa hal di hadapan mahasiswa progam sarjana dan pascasarjana Fikom Unpad.

 
Materi yang disampaikan antara lain: attitude to time, business dress code and practices, dan conversation language. Ia berbagi beberapa tips dalam bersikap saat menjalin kerjasama dan bisnis dengan orang Rusia. Ia juga memberikan tata cara sapaan, berpakaian, berbicara, dan bagaimana menggunakan simbol-simbol budaya tertentu yang biasanya dianut oleh masyarakat Rusia.

 
Presentasi itu pun dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang menarik minat beberapa mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang unik dilontarkan oleh seorang mahasiswi pascasarjana, yaitu bagaimana tanggapan orang Rusia terhadap orang Asia secara general. Evgeniya dan rekannya Olga Lelyukhina menjawab, “Asian people are hardworker and hospitable, especially Indonesian, they smile everytime and everywhere.”

 
Seusai diskusi, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. memberikan cenderamata dan buku karyanya. Sebagai gantinya, Evgeniya dan Olga memberikan bingkisan khas Rusia dan beberapa brosur tawaran program kursus bahasa dan bisnis di Rusia. Kunjungan ini menjadi awal bentuk kerjasama yang dibangun antara Fikom Unpad dan Tomsk Polytechnic University, Russia. (evelynd)