Dr. Antar Venus,MA, Comm, Komunikasi Harus Beri Inspirasi bagi Kehidupan

 

Antar Venus 01Dr. ANTAR VENUS, MA.COMM, dosen Program Studi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad adalah lulusan Fikom Unpad dari Jurusan Penerangan (Sekarang Mankom).  Setelah mendapatkan gelar S1 dari Unpad, ia melanjutkan pendidikannya di Australia, dan juga melakukan penelitian di Jepang. Venus juga belum lama ini menjadi salah satu dosen dari Unpad yang mendapat kualifikasi High Recomended dalam program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) yang diadakan oleh Dikti.

 
Pria kelahiran Serang, 2 Juni 1968 ini mengajar beberapa mata kuliah, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Bahasa Inggris, dan Filsafat Komunikasi. Saat di kelas, Venus sering membagi pengalamannya pada para mahasiswa yang diajarnya. Tidak hanya pengalaman tentang belajar di luar negeri, kadang ia membuat mahasiswanya di kelas merasakan kemampuan hipnosisnya. Venus memang memiliki kualifikasi untuk melakukan hipnosis yang sering membuat mahasiswanya kagum dan kelas dengan Venus terasa lebih menarik.

 

Selain sibuk menjadi dosen di Fikom Unpad, Venus sering diundang untuk memberikan materi pada seminar dan pelatihan tentang komunikasi. Beberapa materinya antara lain komunikasi teurapetik dan materi hipnokreatif untuk membangkitkan kreativitas, dan masih banyak lagi. Venus memang menguasai beberapa cabang komunikasi, ia mengaku tertarik dengan ilmu komunikasi sehingga banyak memperdalam bidang ini. Dia juga kerapkali menjadi narasumber oleh media massa. Wajahnya beberapa kali muncul dalam wawancara di sejumlah stasiun televise, khususnya menjelang Pilpres 2014 belum lama ini.

 

Rasa ketertarikan Venus itulah yang membuatnya memperdalam bidang dan cabang-cabang komunikasi dengan berbagai cara. Meneliti, membaca, bahkan mengikuti aneka pelatihan pun dilakukannya. Pengetahuannya tentang komunikasi yang luas tersebut menjadi modalnya yang kerap membuat mahasiswa yang pernah diajar olehnya berkomentar betapa cerdasnya dosen Fikom Unpad yang satu ini. Saat ini, penulis paper berjudul ‘Politik Keterwakilan: Masih Relevankah?’ ini juga tengah sibuk menulis buku Filsafat Komunikasi Orang Melayu, seperti yang tertera di blog pribadinya.

 

“Komunikasi itu harus memberi inspirasi dan membuat kehidupan kita lebih baik,” ujar mantan ketua BEM Kema Unpad ini. Bagi Venus, komunikasi adalah inspirasi, sementara ia sendiri telah memberi inspirasi pada para mahasiswanya. (AnisaAnnan Firsta)