Dr Bani Eka Dartiningsih, Pria Madura Percaya Diri sebagai Akseptor Vasektomi

 

Doktor-Bani-Eka-02-edit

BANDUNG – Kaum pria Madura begitu percaya diri menyatakan dirinya sebagai peserta KB vasektomi. Mereka tidak menutup-nutupi keikutsertaannya dalam KB vasektomi ini, bahkan banyak diantara mereka yang mengajak tetangga dan kerabatnya untuk ikut serta sebagai peserta KB vasektomi.

Dosen Universitas Trunojoyo Madura, Bani Eka Dartiningsih mengungkakan hal itu dalam disertasinya yang berjudul “Perilaku Komunikasi Pria Etnik Madura dalam Partisipasi Program KB Vasektomi” yang dipertahankannya dalam sidang terbuka di Program Doktor Ilmu Komunikasi Fikom Unpad, beberapa waktu lalu di kampus Unpad Bandung.

Bani dipromotori oleh Dr.Atwar bBajari MSi, Prof.Dr. Mien Hidayat MS dan Dr.Sussane Dida MM. Sedangkan yang  bertindak sebagai oponen ahli adalah Prof.Deddy Mulyana,MA,PhD, Dr.Suwandi Sumartias,MSi dan Prihatini Ambaretnani,MSc,PhD. Sidang promosi doktor ini dipimpin oleh Dr.Dadang Rahmat Hidayat,SSos,SH,MSi.

Menurut Bani, umumnya pria Madura menjadi akseptor KB vasektomi bermotif ekonomi, faktor jumlah anak, kesehatan istri, eksistensi diri dan motif mitos atau kepercayaan.

Pengakuan para peserta KB vasektomi ini ternyata tidak menurunkan gairah seksual mereka, padahal sebelumnya ada anggapan bahwa pria vasektomi dianggap sebagai pria bodoh karena akan mengurangi kejantanan pria. Ternyata semua itu tidak benar, itu sebabnya mereka amat percaya diri bahkan acapkali menyarankan kepada kerabat atau tetangganya untuk menjadi akseptor vasektomi ini.(AA)