Dr. Edwin Rizal, Dosen Favorit Serta Transparansi “Pisgor”

 

 

Edwin Rizal-2

PADA 4 Januari 2016 lalu, Dr. H. Edwin Rizal M.Si resmi dilantik menjadi Wakil Dekan Fikom Unpad Bidang Planning, Information System, Governance, and Resource (PISGOR). Tugasnya adalah menanggungjawabi segala bentuk perencanaan, sistem informasi, tata kelola, dan sumber daya di Fikom Unpad. Edwin Rizal pun merupakan dosen Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi kelahiran Ambon, 8 Januari 1968.

Menurut Edwin, selama ini Fikom Unpad sudah sangat baik menjalankan tugasnya di bidang manajemen dan tata laksana, dibuktikan dengan tidak pernahnya melanggar aturan di bagian keuangan ataupun administrasi lain di lingkungan Universitas Padjadjaran.

edwin rizal (3)

“Saya diwarisi kondisi yang sudah berjalan dengan sangat baik. Karyawan atau tendik (tenaga kependidikan) diseleksi dengan tepat sesuai dengan prinsip “the right man on the right place” serta tata keuangan yang tidak ada masalah atau biasa dikenal dengan istilah WTP (Wajar Tanpa Pengecualian)”, ungkap ayah dari dua anak ini.

Meskipun demikian, Edwin tetap ingin menjadikan Fikom Unpad menjadi lebih baik lagi di bidang perencanaan, sistem informasi, tata kelola, dan sumber daya. Ada dua prinsip utama yang diembannya dalam menjalankan amanah sebagai Wakil Dekan, yakni transparansi dan kesetaraan. Transparansi berarti keterbukaan komunikasi yang dijalin oleh berbagai pihak dalam berbagai kepentingan. Sedangkan kesetaraan berarti kesamaan dan keadilan yang terjamin bagi seluruh sivitas akademika Fikom Unpad.

Ternyata, beberapa tahun lalu, Edwin juga sempat mendapatkan predikat “dosen favorit” berdasarkan polling yang dilakukan oleh mahasiswa Fikom Unpad. Dirinya mengakui bahwa ia selalu menempatkan mahasiswa sebagai teman berdiskusi di kelas

Edwin Rizal-5

“Saya tidak menempatkan dosen sebagai ordinat dan mahasiswa sebagai sub-ordinat. Saya lebih suka berdiskusi dengan mahasiswa”, jelas penikmat film perang, penyuka perang-perangan ala militer serta penggemar bacaan sejarah ini dan mantan sekretaris Program Diploma-3 dan beberapa jabatan lainnya di lingkungan Fikom Unpad ini.

Sebagai orang yang sudah bergelut selama 30 tahun lebih di Fikom Unpad, Edwin merasa Fikom Unpad merupakan tempat mengelaborasi keinginan dan kemampuan di dalam hidupnya. Selain itu, Edwin juga menjadikan Fikom Unpad sebagai tempat berlabuh untuk mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya. Edwin yang masuk ke Fikom Unpad angkatan tahun 1986 ini sangat berharap Fikom Unpad dapat menjadi baik dan semakin baik dalam berbagai aspek. (Margaretha Sinaga)