Dr. Feliza Zubair MSi, Ketekunan dan Kesabaran Berbuah Manis

 

Dr.Feliza Zubair,MSi

Dr.Feliza Zubair,MSi

SETELAH menempuh studi selama lima tahun, akhirnya Feliza Zubair (54) yang akrab dipanggil dengan sapaan Icha ini lulus dari program Doktoral Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, di depan namanya kini Icha berhak menyandang gelar doktor.

Icha memiliki perhatian penuh terhadap masalah CSR ini karena di prodi tempat dia mengajar yakni Prodi Hubungan Masyarakat dia mengajar mata kuliah Corporate Social Responsibility (CSR), selain itu, sebelum menempuh program doktoral dia juga melakukan penelitian tentang kegiatan CSR Indonesia Power melalui Koperasi Komunitas Saguling. Setahun berikutnya (2010) dia juga meneliti kegiatan CSR PT Bintang Agung Bandung. Bintang Agung adalah perusahaan tekstil di Bandung timur yang memiliki ribuan karyawan dan berlokasi tidak jauh dari pemukiman penduduk.

Karena itu Icha yang menghabiskan masa sekolahnya dari SD hingga SMA di Santa Angela Bandung ini tertarik untuk meneliti perusahaan yang lebih besar lagi yang tantangan kehumasan perusahaannya makin besar lagi, yakni CSR PT Indocemnet Tunggal Prakasa Tbk yang memiliki dua lahan pabrik di Cibinong dan Palimanan Cirebon. Usulah penelitiannya disetujui dengan tim promotor terdiri dari Prof.Dr.H.Engkus Kuswarno,MS, Prof.Dr.Hj.Mien Hidayat MS, serta Dr.Atwar Bajari MSi. Sedangkan yang bertindak sebagai oponen asli adalah Prof.Dr.Hj Neni Yulianita,MS, Dr.Agus Rahmat MPd dan Dr Suwandi Sumartias,MSi. Bertindak sebagai representasi Guru Besar adalah Prof,Dr.H.Dadang Suganda M.Hum.

Kakak kandung dari Ferina Widodo (mantan vokalis Elfas Singer) ini mengaku telah diberikan berbagai kemudahan oleh Allah SWT dalam penyusunan disertasi hingga sidang terbuka ini. Segalanya serba diberi kemudahan. “Alhamdulillah segalanya serba mudah dari mulai enelitian ke lapangan maupun saat menghubungi para promotor maupun oponen” ujarnya.
Icha yang dilahirkan di Bandung, 20 Juli 1960 ini masuk ke Fikom Unpad semasa masih bernama Fakultas Publisistik di tahun 1979. Tahun 2000 menjadi mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi di Unpad, dan tahun 2009 menjadi mahasiswa tingkat Doktoral, juga di Unpad. Sehari-hari, Icha mengajar mata kuliah Psikologi Komunikasi, CSR, Etika PR, Human relations, Filsafat Komunikasi, Komunikasi Bisnis dan Matakuliah Protokoler di Program D3 Komunikasi.

Jabatan pentingnya yang pernah dia jabat adalah Koordinator S1 Fikom Unpad Kampus Bandung. Sebelumnya dia menjabat sekretaris koordinator, Ketua Jurusan Humas Program Ekstensi, dan KSPS Kehumasan di Program Diploma-3 Fikom Unpad.(AA).