Dua Belas Mahasiswa Fikom Unpad Presentasi Penelitian di Erfurt University, Jerman

 

erfurt-02-edit-2

ERFURT, JERMAN – Sebanyak 12 mahasiswa Fikom Unpad memaparkan presentasi hasil penelitian mereka di hadapan dosen dan mahasiswa Erfurt University, Jerman. Presentasi yang dibagi ke dalam empat kelompok ini berlangsung di IBZ Erfurt, Jerman, dari 5 hingga7 Oktober 2016. Masing-masing kelompok membahas satu topik, di antaranya, sistem media, budaya populer dan media alternatif, gambaran kaum minoritas di media, serta aktivisme online di Indonesia.

Kelompok pertama yang dibimbing oleh Prof. Deddy Mulyana, MA, PhD, memaparkan gambaran tentang media di Indonesia, dengan mengambil contoh potret politisi artis di media. Irma Garnesia (Mankom 2012), Jannisha Rosmana Dewi (Jurnalistik 2012), dan Abisha Akmal (Humas 2012) menyatakan hasil penelitian bahwa baik buruknya kinerja artis sebagai politisi tidak bisa digeneralisasi menurut pemberitaan di media karena tergantung pada individu masing-masing.

Kelompok kedua yang terdiri dari Soraya Ratna (Komunikasi dan Media 2015), Ryan Putra Gushendra (Mankom 2012), Ogie Kurniawan (Jurnalistik 2011). Mereka memaparkan bentuk media alternatif di Indonesia. Tiga mahasiswa yang dibimbing oleh Maimon Herawati, M.Litt ini menyatakan bahwa kaum marjinal yang tidak diberitakan melalui media mainstream di Indonesia menyuarakan aspirasinya melalui media alternatif, seperti melalui lagu, panggung rakyat, layar tancap.

Kelompok ketiga membahas tema media dan minoritas. Ira Mirawati, M.Si, sebagai pembimbing kelompok ini, memberikan pemaparan tentang representasi Islam di media mainstream dan media sosial di Indonesia. Afrilla Anggraeni (Komunikasi dan Media 2015), Hilda Irma Suri (Mankom 2012), Razny Mahardika (Mankom 2013) menyatakan bahwa unsur-unsur Islam telah dijadikan sebagai komoditas di berbagai tayangan media di Indonesia, terlebih pada saat bulan Ramadhan.

Kelompok keempat yang dibimbing oleh Nunik Maharani, M.Com &MediaSt, menyajikan presentasi dengan topik aktivisme online di Indonesia. Reza Rachmandito (Jurnal 2011), Margaretha Sinaga (Mankom 2012), Made Intan Iswari (Ilkom 2013) menjelaskan model-model sistem informasi desa di Indonesia yang merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat dan aktivisme online.

Dosen dan mahasiswa Erfurt Unversity terlihat sangat antusias terhadap presentasi masing-masing kelompok. Hal ini dibuktikan dengan diskusi panjang yang terjadi setelah presentasi. Data dan hasil penelitian yang dibawa dari Indonesia ini nantinya akan dibandingkan dengan kondisi di Jerman. Presentasi akhir seluruh kelompok mengenai perbandingan sistem media dan budaya komunikasi Indonesia dengan Jerman akan digelar pada 15 Oktober 2016 di Erfurt University, Jerman. (Margaretha Sinaga)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu