Dua Dosen Fikom Unpad Ikuti Internship di Monash University

 

Jenny-dan-Ato-di-Monash-editMELBOURNE – Dua orang dosen FikomUnpad selama sebulan berada di Monash University sejak 27 Oktober 2014 untuk mengikuti program internship. Kedua orang dosen tersebut adalah Dr.Jenny Ratna Suminar,MSi dan Andri Yanto S.Sos,MSi

 
Mereka tengah melakukan internship di Monash University dalam rangka kegiatan pengembangan kualitas SDM Unpad yang didanai oleh Islamic Development Bank (IDB) yang merupakan program pelatihan singkat atau kegiatan magang bagi pendidik dan tenaga kependidikan tahun 2014.

 
Selain dua dosen Fikom itu, kegiatan yang sama di Monash University ini diikuti pula oleh satu dosen dari Fakultas Ilmu Keperawatan, Mira Trisyani Koeryaman dan Dani Rizal Firman dari Fakultas Kedokteran Gigi serta Ahmad Baehaqi tenaga kependidikan dari DCistem.

 
Kegiatan internship ini diawali dengan penerimaan secara resmi oleh Prof. Paul Ramadge sebagai direktur Australia Indonesia Centre (AIC) didampingi Penasihat Senior Prof. Basoeki Koesasi yang menfasilitasi proses persiapan hingga pelaksanaan kunjungan dosenUnpad ini. Penerimaan secara resmi kelima orang delegasi Unpad dilakukan di Gedung H lantai 10 Kampus Caulfield Melbourne pada Senin pagi 27 Oktober 2014.

 

Direktur AIC Prof.Paul Ramadge bertukar cinderamata dengan Dr.Jenny RS. (Foto Andri Yanto)

Direktur AIC Prof.Paul Ramadge bertukar cinderamata dengan Dr.Jenny RS. (Foto Andri Yanto)

Pada kesempatan ini Paul Ramadge memberikan peluang mengenai kerjasama di berbagai bidang seperti penelitian kepada Unpad sebagaimana yang telah dijalin dengan beberapa perguruan tinggi lainnya dari Indonesia apalagi setelah Unpad beralih status menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTBH).

 
Selama kunjungan ini tim Unpad akan diterima di beberapa unit kerja di Monash University sesuai dengan target capaian, seperti pusat IT di bawah pengelolaan Richard Palmer sebagai Director ICT yang akan memberikan informasi seputar Pelayanan dan Desain Pengelolaan IT secara terintegrasi. Sedangkan informasi mengenai manajemen system pelayanan dan koleksi digital perpustakaan akan disampaikan oleh Lynn Torres selaku pengelola Main Library Monash University.

 
Selanjutnya Dr. Howard Manns dari Faculty of Art akan berbagi informasi mengenai Digital Tools and Engagement and Feedback Strategies for Large lecturer, Seminars dimana Manns mendapatkan grant project untuk hal yang sama. Serta Dr. Michael Henderson dari Faculty of Education yang akan berbagi informasi mengenai desain pendidikan dan kurikulum berbasis ICT.

 
Diharapkan dari kunjungan ini kedua belah pihak mendapatkan keuntungan sebaga iupaya untuk terus meningkatkan pelayanan bidang pendidikan, juga sebagai upaya untuk terus meningkatkan jalinan kerjasama yang sudah berjalan dengan baik antara Monash University dan Universitas Padjadjaran. (JRS/AA).