Dua Kampus Kunjungi Fikom Unpad

 

IMG_0072 IMG_0077

JATINANGOR – Selasa (3/5/2016), Fikom Unpad menerima kunjungan dua kampus sekaligus, yaitu rombongan dosen dan mahasiswa Prodi Ilkom, FISIP Universitas Baturaja (Unbara) Sumatera Selatan serta dosen dan mahasiswa Prodi Ilkom, FISIP Universitas Nasional (Unnas) Jakarta.

Rombongan dari Prodi Ilkom Unbara Sumsel, dipimpin oleh Wakil Dekan 2, Bapak Yahnu Wiguno Sanyoto, M.I.P, sedangkan rombongan Prodi Ilkom Unnas dipimpin oleh Kaprodi Ilkom Unnas Ibu Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si.

Sejumlah pimpinan Fikom Unpad hadir dalam menyambut dan memberikan pemaparan tentang Fikom Unpad, antara lain hadir Wakil Dekan 1, Dr. Dadang Sugiana M.Si., Kaprodi Diploma Kehumasan, Dr. Dian Wardiana, M.Si., Manajer Pembelajaran, Agus Setiaman S.Sos., M.Si., Kaprodi Jurnalistik, Gumgum Gumilar, S.Sos., M.Si., dan Manajer Kemahasiswaan, FX. Ari Agung P., S.Sos., M.I.Kom. Kehadiran para petinggi Fikom Unpad tersebut sehubungan dengan niatan kunjungan masing-masing rombongan baik dari Unnas maupun dari Unbara, yaitu untuk melakukan studi banding.

Pimpinan dari Unnas, Ibu Yayu memberikan kata sambutan yang menyatakan maksud kedatangan dan kunjungan, diikuti dengan sambutan dari Pak Yahnu dari Unbara. Selanjutnya Bapak Dadang Sugiana naik podium untuk memberikan gambaran umum tentang Fikom Unpad, termasuk mengenai kurikulum dan pelaksanaan pendidikan secara umum.

Kepala Lab Humas Fikom, Syauqy Lukman, S.Sos., MSM mengantarkan sesi diskusi antara perwakilan Fikom Unpad dengan dosen dan mahasiswa dari Unnas dan Unbara setelah terlebih dahulu memutarkan video profil Fikom Unpad. Dalam beberapa pertanyaan yang muncul, memang issue yang paling menarik adalah perihal izin prodi dan nomenklatur di Fikom Unpad yang memang ‘beda sendiri’ dengan kampus-kampus lain yang berbasis Ilmu Komunikasi. Fikom Unpad, sebagai satu-satunya fakultas ilmu komunikasi di perguruan tinggi negeri, memang berbeda dengan kampus-kampus lain, di mana ilmu komunikasinya menginduk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Hal ini juga yang ditanyakan oleh Ibu Djudjur Luciana Radjagukguk, S.Sos., M.Si., salah satu dosen Unnas, “perihal prodi di Fikom Unpad yang beragam, di kami (Unnas) hanyalah berupa konsentrasi. Bagaimanakah perihal izinnya?” Manager Pembelajaran, Agus Setiaman S.Sos., M.Si. menjawab bahwa semua prodi di Fikom Unpad sudah ada izin prinsipnya, beberapa sudah terakreditasi A, beberapa sedang proses akreditasi. “Prinsipnya prodi itu penamaannya tidak masalah asalkan sudah ada izinnya dari Dikti. Kita jangan terlalu terjebak dengan nomenklatur dan aturan Dikti, karena kita sebagai penyelenggara pendidikan, lebih tahu mengenai keilmuannya,” ujar Pak Agus.

Sementara itu, mahasiswa Ilkom Unbara dan Unnas kebanyakan menanyakan perihal kurikulum, kegiatan kemahasiswaan, serta iklim akademik di Fikom Unpad, seperti yang ditanyakan oleh salah satu mahasiswa Unbara, “seperti apa sih budaya akademik di Fikom Unpad?” Kepala Humas Fikom Unpad, Syauqy, berbagi pengalamannya kala menjadi mahasiswa Fikom juga membandingkan kondisi mahasiswa Fikom sekarang. “Anak Fikom itu belajarnya serius, mainnya juga all-out, namun positif dan menghasilkan karya.”

Di penghujung acara, kedua sekolah ini mengabadikan momen kebersamaan di Fikom Unpad dengan bertukar cinderamata dan berfoto bersama. Rombongan Unbara melanjutkan kunjungannya ke Pemkot Bandung, sedangkan rombongan Unnas melanjutkan kunjungannya di Fikom dengan melihat sejumlah laboratorium dan fasilitas di Fikom. (SL)

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu