Dua Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Unpad Ikuti Konferensi Asia Pasifik 2016 di Malaysia

 

mahasiswa-s2

KUALA LUMPUR – Irnawati dan Ridma Meltareza mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fikom Unpad yang menjadi delegasi Indonesia pada acara Asia Pacific Future Leader Conference (APFLC) 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari 24-27 November 2016 ini diselenggarakan kali pertama oleh Asia Pacific Leader Initiative yang berpusat di Selangor, Malaysia.

Kegiatan konferensi APFLC 2016, bertempat di Hotel Soleil dan gedung Kementerian Perpelancongan dan Kebudayaan Malayasia, mengambil tema digital leader in the 21st century. Acara ini menghadirkan 7 pembicara internasional yang dikemas dengan konsep Leader talk. Pada kesempatan ini para pembicara merupakan orang-orang pilihan seperti Menteri Perpelancongan dan Kebudayaan Malaysia, Direktur Facebook Asia Pasifik, Digital Manajer Google Asia Pasifik, yang memaparkan materi tentang leadership, emerging youth, youth in parliament, dll.

Adapun dalam sesi focus group discussion dan presentasi mengangkat tema utama problem solving, para peserta aktif dalam FGD ini, kemudian dalam diskusi kelompok mengangkat masalah nasional dan masalah internasional, yang dituntut memberikan solusi dengan memaparkan strateginya di depan para pembicara utama dan juga di depan para delegasi dari negara-negara asia pasifik.

Menurut Irna, ia bersyukur menjadi salah satu dari 150 delegasi terpilih melalui seleksi ketat dari kurang lebih 1000 pendaftar se-asia pasifik. “Peserta konferensi berasal dari berbagai negara di Asia Pasifik seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, Bangladesh, Cambodia, India, Pakistan, Jepang, hingga Nepal.” Tuturnya. Begitu pula Ridma Meltareza mengungkapkan rasa senangnya menjadi wakil Unpad di kancah internasional “Kami senang sebagai mahasiswa Unpad bisa mewakili Indonesia di kancah ini. Selain pengalaman, kami mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa diaplikasikan sekembalinya ke Indonesia, dan siap menerapkan ilmu kepemimpinan pada waktunya nanti.” pungkasnya.

Rangkain kegiatan APELC ditutup dengan acara cultural night yaitu performance kebudayaan dari masing-masing Negara, pada kesempatan ini Irna yang merupakan mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi asal Sulawesi Selatan angkatan 2015 menampilkan tarian dengan pakaian khas dari Bugis. (Irnawati/Jenny RS)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu