Dua Peneliti Monash University Australia, Presentasi Di Fikom Unpad

 

Dosen-Tamu-Australia.JATINANGOR – Dua orang dosen Monash University Australia, Antje Missbach dan Anne McNevin, Selasa (3/3) memaparkan hasil riset mereka berjudul “Managing Migration in Indonesia through Public Information Campaigns” di hadapan civitas akademika Fikom Unpad.

 

Hadir dalam acara ini Dekan Fikom Unpad Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., para dosen Program Studi Jurnalistik Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si. dan Kepala Bidang Kerjasama Fikom Unpad, Maimon Herawati, S.Sos., M.A., serta sejumlah mahasiswa program doktoral Fikom Unpad. hadir juga seorang dosen tamu dari Fullbright Amerika Serikat, Ariella Emmet.

 
Presentasi diawali dengan penayangan gambar-gambar perairan Indonesia, khususnya di area pelabuhan di Indonesia bagian tenggara yang sangat dekat dengan Australia. Lokasi tersebut diteliti sebagai jalur masuknya imigran gelap dan dikhawatirkan memicu terjadinya human trafficking dan smuggling. Penelitian dengan metode studi kasus yang mereka lakukan bertarget pada para nelayan Indonesia. Fokus pada penelitian ini adalah regulasi dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga keamanan tentang migrasi yang terkait juga dengan perlindungan kawasan secara internasional.

 
Antje dan Anne juga meneliti tentang kampanye yang hadir di masyarakat berupa penyebaran informasi tentang pelanggaran hukum yang terjadi di area perbatasan. Mereka menemukan stiker-stiker bertuliskan “Lebih baik menangkap ikan, daripada ditangkap aparat.” Selain itu juga ada stiker dengan pesan “Aku tahu penyelundupan imigran ilegal itu salah.” Kampanye berupa pesan-pesan yang berkembang di masyarakat tersebut menghasilkan konsep, “Using the public information campaign to convey the regulation message can be a good way to prevent illegal immigration,” papar Anne.

 
Indonesia, menurut Antje saat ini berposisi sebagai batu loncatan bagi para imigran gelap menuju Australia. Jadi, diperlukan adanya tindak lanjut dari pemerintah untuk menegaskan hukum imigrasi batas perairan dari tiap-tiap negara, misalnya push-back yaitu aksi yang dilakukan tentara Indonesia yang bertugas di perbatasan untuk mencegah crossing border. (Evelynd)