Dua Tim Fikom Unpad Juara di Lomba Pekan Komunikasi UI 2015

 
Tim Irama Melody saat presentasi di Pekom UI 2015. (Foto Ist).

Tim Irama Melody saat presentasi di Pekom UI 2015. (Foto Ist).

DEPOK – Dua tim dari Fikom Unpad memenangkan lomba di Pekan Komunikasi Universitas Indonesia (Pekom UI) 2015 yang diadakan pada 20-24 April 2015, di kampus UI Depok. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia, Dua tim tersebut memenangkan Lomba Desain Program TV Anak (LDP) dan Media Matters, mereka meraih juara dua pada kedua lomba tersebut.
Tim LDP dari Fikom Unpad beranggotakan 3 orang, yaitu Oliv Grenisia (Jurnalistik) dan dua mahasiswa Broadcasting, Geno Putra Wijaya dan Alit Liana D. Mereka membuat program TV anak berupa drama musikal yang dinamai “Irama Melody”.

 
Kelompok ini prihatin dengan siaran televisi saat ini yang marak menampilkan kekerasan, minimnya program hiburan, dan program mendidik. Irama Melody bertujuan memberikan siaran yang layak ditonton oleh anak, sesuai dengan tema yang diberikan oleh panitia, yaitu Feed Me Better, Please?

 
“Kegiatan pekan komunikasi ini sangat positif, dapat memacu jiwa kompetitif dari para mahasiswa. Secara pribadi saya sangat tertarik dengan kegiatan seperti ini. Selain menjadi tantangan untuk diri sendiri sebagai ajang pembuktian diri, namun acara ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan bertemu dengan orang-orang baru dari seluruh Indonesia.” ujar Geno saat ditemui setelah menerima penghargaan lomba LDP di Pusat Bahasa Jepang Universitas Indonesia, Jumat (24/4) lalu.

 

I'm Single Because the Media Says I'm Single. (Foto Oliv Granesia)

I’m Single Because the Media Says I’m Single. (Foto Oliv Grenisia)

I’m Single Because the Media Says I’m Single.

Satu tim lagi yang memenangkan lomba adalah kelompok Single is Me yang beranggotakan Yesaya Ferdinand, Ferisa Mega P, dan Intan Satria (Ilmu Komunikasi). Judul yang diangkat oleh mereka ialah I’m Single Because the Media Says I’m Single.

 
“Awalnya kami hanya coba-coba karena ini pertama kali Program Studi Ilmu Komunikasi mengikuti lomba Pekom dan akhirnya kami lulus sampai di final,” tutur Yesaya saat dihubungi via telepon, Sabtu (25/4).

 
Panitia Pekom mengungkapkan bahwa Media Matters bercita-cita untuk mengembalikan kesadaran akan alasan-alasan di balik segala tindakan komunikasi yang dilakukan manusia, membongkar aneka kebiasaan yang dilakukan secara otomatis, dan terutama, mempertanyakan kembali stereotip yang telah mengkristal di tengah-tengah masyarakat. Cita-cita ini diwujudkan dalam tema Break the Stereotype.

 
Kepala Pusat Pengembangan Kegiatan dan Kreativitas Mahasiswa (P2K2M) Fikom Unpad, FX Ari Agung Prastowo,MSi berharap agar prestasi yang diraih dapat memotivasi mahasiswa Fikom lainnya.
“Tahun depan mahasiswa Fikom dapat mengikuti semua jenis kompetisi yang ada di Pekom UI maupun di luar Pekom UI dan dapat meraih juara satu sesuai dengan yang saya kembangkan dari Fikom satu. Ayo anak Fikom berani berkompetisi,” ungkapnya. (Oliv Grenisia).