Edo Saputra, Aktivis yang Berprestasi

 
Edo Saputra (Foto Koleksi Pribadi)

Edo Saputra (Foto Koleksi Pribadi)

EDO SAPUTRA, pria kelahiran Padang, 15 Maret 1991 ini adalah salah satu mahasiswa Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad angkatan 2009. Selama menjadi mahasiswa, sudah banyak kegiatan yang dia lakukan, begitu juga prestasi yang dia raih, baik itu di bidang akademis maupun non-akademis.

 
Di bidang kemahasiswaan dia pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Komunikasi periode 2012-2013, pernah menjadi pembicara dalam seminar “Leadership and Organization” di Fikom Unpad, dia juga pernah menjadi ketua dalam beberapa proyek seminar yang diadakan kampusnya.

 
Di luar kampus dia pernah menjadi staf HRD Indonesian Future Leaders Wilayah Bandung periode 2012-2013, dia juga menjadi member dan relawan Dejavato Foundation sejak 2012 hingga sekarang. Dia juga mengikuti program Unit Kerja Presiden Pengawasan Pengendalian Pembangunan periode 2013-2014. Selain itu dia sangat aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kemanusiaan, seperti Sahabat Pulau periode 2013-2014.

 

 

Di Tembok Besar Cina bersama mahasiswa asing lain.(Foto Koleksi Pribadi)

Di Tembok Besar Cina bersama mahasiswa asing lain.(Foto Koleksi Pribadi)

Selama menjadi mahasiswa, Edo mendapat berbagai penghargaan baik di bidang akademis maupun non-akademis. Beragam prestasi telah dia raih,seperti menjadi salah satu mahasiswa terbaik Manajemen Komunikasi 2012, dia juga mendapat beasiswa Prestasi Akademik sepanjang 2009-2011.

 
Selain itu, dia juga menjadi salah satu wakil mahasiswa peserta program pertukaran pelajar di Malaya University, Malaysia. Selain itu dia juga banyak mendapat penghargaan lainnya seperti menjadi semifinalis dalam kompetisi Nutrifood Leadership Award tahun 2012, menjadi perwakilan dari Indonesia dalam program International Workcamp di Beijing University, tahun 2013.

 
Melihat banyaknya kegiatan yang dia lakukan dan penghargaan yang dia raih membuktikan bahwa mahasiswa juga bisa mengambil bagian dalam kegiatan di luar kesibukan akademis. Bahkan kegiatan yang diikuti sampai berskala internasional. Menurut Edo, kuliah di Fikom Unpad adalah salah satu starting point untuk meraih masa depan yang lebih baik. Merantau ke Bandung untuk belajar dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya merupakan sebuah proposal hidup yang sedang dia jalani.

 

 

Edo Saputra-4“Bagi saya kuliah di Fikom membuka banyak kesempatan dan peluang dalam mencari ilmu dan pengalaman hidup. Banyak hal positif yang saya dapat selama kuliah di Fikom Unpad, terutama dalam hal membangun pola fikir dan bagaimana cara belajar,”ujar Edo.

 
Menurut dia inti dari kuliah adalah bagaimana cara kita bisa membangun pola fikir dan cara belajar. Selain itu nama besar Fikom Unpad juga memberikan dampak positif untuk dia secara personal. Dengan membawa nama Fikom Unpad, dia merasa kredibilitasnya menjadi diperhitungkan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan dan perlombaan berskala nasional.

 
Menurut dia, aktif berorganisasi sangat bermanfaat bagi pengembangan diri, khususnya pada kemampuan menjadi pemimpin dan pembangunan karakter individu. “Aktif berorganisasi di kampus pada lembaga mahasiswa tingkat fakultas memberikan banyak pengalaman yang bermanfaat bagi masa depan saya dan lingkungan saya nantinya,”ujarnya. (Alfi Syahrin)