Evelynd, Akhirnya Bisa Kuliah di Monash University

 

evelynd-01-edit

 EVELYND, gadis berdarah Minang ini telah memulai aktivitasnya sebagai mahasiswi di Monash University, Australia sejak Juli 2016 lalu.  Terpilih sebagai penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), ia mengambil jurusan Master of Communication and Media Studies. Evelynd sendiri alumni Program Studi Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2010.

Elyn (sapaan akrabnya) mengaku, jurusan dan universitas di Australia tersebut ia pilih atas rekomendasi dosen Jurnalistik. “Saya yang memilih, atas rekomendasi dari Prof. Deddy dan dosen-dosen jurnal juga,” ujarnya. Perjuangannya hingga dinyatakan lolos sebagai awardee LPDP tentu tidak mudah. Ia mengikuti beberapa tahap mulai dari seleksi administrasi hingga substansi yang terdiri dari wawancara, leaderless group discussion, serta essay.

Setelah mengikuti sekitar empat minggu perkuliahan, Elyn merasa sangat senang dan mendapat banyak tantangan. Tampak ia sangat menikmati kehidupan menjadi mahasiswi di negeri kangguru tersebut. Selain kuliah, ia juga bergabung dengan Bhinneka, sebuah sanggar tari di Melbourne dan tepat di hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71, ia menampilkan tarian daerah yaitu Tari Saman.

Kecintaannya terhadap budaya Indonesia juga terbukti dengan dinobatkannya ia menjadi Uni Intelegensia, Duta Wisata Kota Padang 2016. “Selain meraih gelar master, tujuan saya ke Melbourne ini adalah membawa misi budaya dan mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya kota Padang,” ujarnya.

evelynd-02-edit

Sebelumnya di tahun 2013, ia juga menjadi Delegasi Exchange Program Spring Semester di Ajou University, Suwon, Korea Selatan periode Februari-Juli. Sebagai salah satu mahasiswa Unpad yang mendapatkan kesempatan belajar di universitas luar negeri, pengalaman tersebut tak ia sia-siakan. Berbekal pendidikan jurnalistik yang ia terima di bangku perkuliahan, ia pun menjadi kontributor di Ajou Globe Magazine. Pengalamannya tidak sampai di situ saja, ia juga pernah magang di harian Padang Ekspres selama dua bulan dan menjadi kontributor di website Fikom Unpad.

Anak ke 2 dari 3 bersaudara ini sejak kecil memang sudah memiliki prestasi baik di dalam maupun di luar akademik, menjuarai lomba MC tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2009 hingga meraih Juara I di Olimpiade Astronomi Nasional di Padang. Ia juga pernah menjadi Grand Finalist Junior Chamber Internasional (JCI) LIPS Public Speaking Competition serta aktif menjadi Earth Hour Champion di Bandung.

Selama kuliah di Fikom Unpad, ia sangat aktif di berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), seperti Unit Pencinta Budaya Minangkabau (UPBM), Korps Protokoler Mahasiswa (KPM), dan Cinematografi Club (CC). Aktif di organisasi dan punya segudang prestasi membuat ia menjadi panutan bagi teman-temannya. Sosoknya yang pantang menyerah dan selalu mencoba hal baru membawanya meraih mimpi hingga ke luar negeri. (Oliv Grenisia)