Program Studi Diploma III Hubungan Masyarakat

 

Program Studi Diploma III Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran bertujuan menghasilkan tenaga- tenaga ahli madya yang:

1) Mampu memahami pengetahuan dan konsep komunikasi vokasional (terapan).

2) Mampu merespons perkembangan yang terjadi di bidang komunikasi vokasional (terapan).

3) Mampu mengaplikasikan keterampilan komunikasi vokasional (terapan) secara kreatif dan inovatif.

 

Kompetensi Lulusan Program DIII Hubungan Masyarakat

Program studi diploma III Hubungan Masyarakat memiliki beberapa peminatan, antara lain: Penyiaran, Hubungan Masyarakat, Periklanan, Komunikasi Bisnis, serta Informasi dan Perpustakaan.

>Peminatan Hubungan Masyarakat

Kompetensi Utama Ahli Madya HubunganMasyarakat meliputi:

  1. Cakap dalam membina hubungan dengan berbagai publik
  2. Mampu melakukan media monitoring dan mediarelations
  3. Mampu melaksanakan Kampanye Humas
  4. Mampu melakukan pengelolaan media kehumasan
  5. Mampu menulis dan berbicara secara efektif untukkepentingan kegiatan kehumasan
  6. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk bidang kehumasan.

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Kehumasan meliputi:

  1. Mampu melakukan lobby dan negosiasi dengan berbagai publik
  2. Mampu melakukan evaluasi program kehumasan
  3. Mampu mengelola acara/event kehumasan
  4. Mampu bekerja secara individu, maupun kelompokdalam kegiatan kehumasan.

Kompetensi Lainnya Ahli Madya Kehumasan meliputi:

  1. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan kehumasan
  2. Memiliki kemampuan berwirausaha di bidang kehumasan
  3. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasahormat, perhatian, dan berempati kepada publik
  4. Mampu menerapkan Etika Profesi Kehumasan


>Peminatan Penyiaran

Kompetensi Utama Ahli Madya Penyiaran meliputi:

  1. Mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan, evaluasi produksi TV atau Radio
  2. Mampu membuat program TV atau Radio
  3. Mampu mengarahkan kegiatan informasi TV atau Radio
  4. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan penyiaran.

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Penyiaran meliputi:

  1. Mampu membuat program kreatif di bidang penyiaran TVdan Radio
  2. Mampu menguasai dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi di bidang TV dan Radio
  3. Mampu bekerja sama dalam tim program siaran TV dan Radio.

Kompetensi lainnya Ahli Madya Penyiaran meliputi:

  1. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan empati
  2. Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan penyiaran
  3. Mampu menerapkan Etika Profesi di bidang Penyiaran
  4. Memiliki kemampuan kewirausahaan
  5. Memiliki kemampuan komunikasi efektif.

>Peminatan Periklanan

Kompetensi Utama Ahli Madya Periklanan meliputi:

  1. Mempu bekerja di bidang kegiatan bina usaha (mengelola klien)
  2. Mampu merencanakan dan membeli media (media buying) untuk kegiatan periklanan
  3. Mampu bekerja dalam bidang kreatif (visual iklan dan naskah iklan)
  4. Mampu melakukan evaluasi kegiatan periklanan
  5. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan periklanan.

Kompetensi penunjang Ahli Madya Periklanan meliputi:

  1. Mampu melakukan komunikasi dengan klien
  2. Mampu melakukan lobi dan presentasi iklan
  3. Mampu melakukan analisis media iklan
  4. Mampu menggali ide dan membuat produk iklan
  5. Mampu menggunakan dan beradaptasi terhadap teknologi informasi periklanan.

Kompetensi Lainnya Ahli Madya Periklanan meliputi:

  1. Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal
  2. Memiliki jiwa kewirausahaan
  3. Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatanperiklanan
  4. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasahormat, perhatian, dan berempati kepada publik
  5. Mampu menerapkan Etika Periklanan.


>Peminatan Komunikasi Bisnis

Kompetensi Utama Ahli Madya Komunikasi Bisnis meliputi:

  1. Menguasai konsep dan keterampilan komunikasi bisnis
  2. Memiliki keterampilan dalam melakukan kegiatan lobi dan negosiasi dalam bisnis
  3. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi permasalahan bisnis
  4. Memiliki kemampuan korespondensi bisnis.

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Komunikasi Bisnis meliputi:

  1. Menguasai tujuan-tujuan bisnis
  2. Memiliki kemampuan wawancara bisnis dan melakukantender bisnis
  3. Mampu memanfaatkan media bisnis untuk melaksanakan komunikasi bisnis

Kompetensi Lainnya Ahli Madya Komunikasi Bisnis meliputi:

  1. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan empati
  2. Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan komunikasi bisnis
  3. Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal
  4. Mampu menerapkan Etika Profesi di bidang Komunikasi Bisnis
  5. Memiliki kemampuan kewirausahaan

 

>Peminatan Informasi dan Perpustakaan

Kompetensi Utama Ahli Madya Informasi dan Perpustakaan meliputi:

  1. Memiliki keterampilan melakukan seleksi dan akuisisi koleksi sesuai lembaga informasi;
  2. Memiliki keterampilan dalam melakukan Pengolahan koleksi dalam berbagai bentuk agar dapat ditemukan kembali secara efektif dan efisien saat diperlukan (registrasi/inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, labeling, shelving)
  3. Memiliki keterampilan dalam melayani dan menyebarluaskan koleksi agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna lembaga informasi secara online maupun offline.
  4. Memiliki keterampilan preservasi, kemas ulang informasi, digitalisasi informasi terhadap koleksi lembaga informasi.

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Informasi dan Perpustakaan meliputi:

  1. Memiliki keterampilan komunikasi dalam membina hubungan dengan stakeholder lembaga informasai (untuk layanan informasi)
  2. Memiliki keterampilan mendeskripsikan isi koleksi (katalogisasi deskriptif) menulis dan berbicara secara efektif;
  3. Menguasai teknologi informasi di bidang Lembaga Informasi (untuk database pengolahan koleksi dan diseminasi informasi, online dan offline);
  4. Mampu memahami kebutuhan informasi pemustaka;
  5. Memiliki ketelitian tinggi terutama dalam melakukan kegiatan pengolahan koleksi (registrasi, klasifikasi, katalogisasi, data entry).

Kompetensi Lainnya Ahli Madya Informasi dan Perpustakaan meliputi:

  1. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan lembaga informasi.
  2. Memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan informasi baru.
  3. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan rasa empati terhadap sesama.
  4. Memiliki keterampilan komunikasi efektif – mampu menjadi pendengar dan pembicara yang baik.
  5. Mampu menerapkan Etika Profesi Pustakawan.