Program Studi Magister Ilmu Komunikasi

 

 

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi

Visi

“Menjadi penyelenggara Program Pendidikan Magister Ilmu Komunikasi yang terkemuka dan unggul baik di tingkat  nasional maupun internasional pada tahun 2026”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi dengan kurikulum yang memiliki keunggulan di bidang Ilmu Komunikasi yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi serta dinamika masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu komunikasi dengan pendekatan interdisiplin yang berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan masyarakat.
  3. Menjalankan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu komunikasi sesuai kebutuhan masyarakat dan bangsa.
  4. Menyelenggarakan tata kelola lembaga pendidikan tinggi tingkat  magister yang profesional dan akuntabel dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu menuju center of excellence serta sistem manajemen organisasi program studi yang profesional,  transparan, dalam keragaman budaya dunia
  5. Menjalin hubungan kerja sama strategis dengan masyarakat, pemerintah, dunia industri, dan institusi pendidikan lain, secara berkelanjutan dengan menerapkan prinsip integritas, profesionalisme dan kolaborasi.

Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Memiliki kompetensi dalam bidang komunikasi serta teknologi komunikasi dan informasi dan memahami dinamika masyarakat.
  2. Memiliki integritas tinggi dan mampu berkompetisi baik secara lokal, nasional, maupun global.
  3. Memiliki kompetensi untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian dalam bidang ilmu komunikasi dengan pendekatan multi perspektif.
  4. Memiliki kompetensi untuk merencanaan, melaksanaan dan mengevaluasi kegiatan komunikasi dalam membantu memecahkan masalah masyarakat.

Program Magíster Ilmu Komunikasi harus lulus minimal telah menempuh minimal 43 SKS, yang terdiri dari 34 SKS matakuliah wajib umum, 9 SKS matakuliah pilihan konsentrasi. Mahasiswa yang dinyatakan lulus pada Program Magíster Ilmu Komunikasi yang berasal dari S1 Non Komunikasi wajib mengikuti kuliah pengantar Ilmu Komunikasi untuk menyamakan cara berfikir dan pemahaman konsep-konsep dasar ilmu komunikasi. Dalam perkuliahan Pengantar Ilmu Komunikasi tersebut membahas berbagai materi dasar komunikasi dengan 4 sub tema, yaitu: Konsep Dasar dan Taksonomi Komunikasi, Perkembangan Media dan Perubahan Sosial, Komunikasi Kontekstual, dan Penulisan Karya Ilmiah.

Peminatan:

  1. Kajian Komunikasi dan Media
  2. Komunikasi Bisnis
  3. Hubungan Masyarakat
  4. Manajemen Informasi dan Perpustakaan

Info lebih lanjut,  berkenaan biaya perkuliahan dan pendaftaran dapat diperoleh dengan mengunjungi laman: http://fikom.unpad.ac.id/info-prodi-ilmu-magister-fikom-unpad/

Galeri kegiatan dapat diakses disini: