Ilmu Jurnalistik

 

DEPARTEMEN ILMU JURNALISTIK
A.Tujuan Pendidikan

Program Studi Ilmu Komunikasi Departemen Ilmu Jurnalistik membentuk sarjana yang terampil menyampaikan informasi melalui media massa, dengan cara ; menghimpun, mengolah, menyusun dan menyebarkan secara luas dengan menggunakan media massa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sarjana Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Departemen Ilmu Jurnalistik diharapkan memiliki :

  1. Pengetahuan dan kemampuan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.
  2. Pemahaman akan fungsi dan hakekat hukum yang mengatur komunikasi massa.
  3. Pengetahuan tentang sejarah pers nasional dan internasional serta perkembangannya.
  4. Kepekaan terhadap aspek-aspek kehidupan dan norma-norma yang berlaku dalam bermasyarakat.
  5. Kemampuan mengelola dan mengembangkan usaha penerbitan media cetak atau elektronik.

B. Visi Departemen Ilmu Jurnalistik :

Menjadi lembaga tinggi yang memiliki keunggulan sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pendayagunaan teknologi komunikasi dalam bidang jurnalisme.

C. Misi  Departemen Ilmu Jurnalistik :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang kajian jurnalistik untuk jenjang sarjana.
  2. Melakukan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu jurnalistik dan pendayagunaan     teknologi komunikasi dalam bidang jurnalisme
  3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendekatan Humaniora dan keterampilan jurnalisme untuk menciptakan masyarakat yang komunikatif.

D. Standar Kompetensi Lulusan

MOTIVATION

Lulusan Departemen Ilmu Jurnalistik pada umumnya memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja dan berkarya sesuai dengan bidang ilmu yang telah diperolehnya (bekerja sebagai jurnalis di media massa atau setidaknya mereka bekerja di ranah komunikasi). Selain itu lulusan jurnalistik memiliki motivasi untuk memperdalam ilmu yang telah diperolehnya, dan memperkaya wawasan baik secara formal misalnya dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, maupun informal melalui pengematan dan pengalaman di lapangan pekerjaannya.

ABILITY

  • Menjadi agen perubahaan di mana pun ia berada
  • Menghimpun kebutuhan masyarakat
  • Mencari Akses informasi yang berguna bagi kemajuan masyarakat

SKILL

  • Memiliki pengetahuan dan kepekaan tentang nose of news, news value, dan news judgement.
  • Mampu menghasilkan karya jurnalistik dari tahap perencanaan, peliputan, pengolahan (writing and editing) , presentasi, dan evaluasi (termasuk Editorial skill), untuk media cetak, eleltronik ( TV dan Radio), serta media on line.

ATTITUDE

  • Memiliki rasa ingin tahu yang besar
  • Berkepribadian baik
  • Memiliki integritas yang baik, keberanian dan keteguhan hati, sehingga saat menjalankan tugasnya selalu memegang teguh prinsip-prinsip jurnalistik yaitu selalu jujur, akurat, tidak berpihak dan independen.
  • Memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap berbagai kondisi sosial, politik, serta kondisi alam.

KNOWLEDGE

Knowledge diturunkan menjadi mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa :

  1. Journalism knowledge: Penulisan Berita Elektronik, Feature elektronik, Feature Cetak, Artikel, Tajuk Rencana, In Depth Reporting, Penulisan Berita Cetak, Wawancara Cetak, Wawancara Elektronik, Jurnalisme Televisi, Jurnalisme Radio, Teknik Reportase.
  2. Research knowledge : Kapita Selekta Jurnalistik, Metode Penelitian   Komunikasi, Teori Komunikasi, Komunikasi Massa.
  3. Relevent knowledge : Teknik bicara efektif, Komunikasi Visual, Fotografi, Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Jurnalistik, Pengantar Ilmu Humas, Pengantar Ilmu Manajemen Komunikasi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggis, Pembentukan Karakter : Pancasila, Agama, Kewarganegaraan, Sosiolagi Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Psikologi Komunikasi, Hukum dan Etika Pers, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Komuniksai Lintas Budaya, Komunikasi Politik, PSP, Komunikasi Massa, Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial.