Ilmu Manajemen Komunikasi

 

DEPARTEMEN ILMU MANAJEMEN KOMUNIKASI

A.    Tujuan Pendidikan

Pendidikan Program Studi Ilmu Komunikasi Departemen Ilmu Manajemen Komunikasi bertujuan membentuk sarjana yang memiliki keahlian dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai bentuk kegiatan dan sumber daya komunikasi di dalam dan di antara sistem sosial.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sarjana Program Studi Ilmu Komunikasi Departemen Manajemen Komunikasi diharapkan memiliki :

  1. Pengetahuan yang mendalam mengenai filosofi, konsep, metodologi dan teknik manajemen berbagai kegiatan, bentuk dan sumber daya komunikasi untuk mewujudkan komunikasi yang efektif.
  2. Sikap kritis dan analitis terhadap berbagai fenomena sosial dan perkembangan serta kemajuan di bidang teknologi komunikasi, informasi dan manajemen.
  3. Kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi bentuk dan kegiatan komunikasi, baik komunikasi interpersonal, kelompok, komunikasi organisasional, maupun komunikasi massa.
  4. Kemampuan menggunakan teknik-teknik penyampain informasi dalam konteks personal, kelompok, organisasi dan massa dengan kata-kata ujaran, tulisan dan lambang-lambang audio visual di dalam suatu masyarakat atau sistem sosial dan kultural yang berlainan.
  5. Kemampuan dan keterampilan mengelola produksi siaran radio dan televisi (komunikasi penyiaran), serta produksi film (sinematografi).
  6. Kemampuan mengisi kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli dalam bidang ilmu manajemen komunikasi pada setiap jenjang manajemen suatu organisasi pemerintah, bisnis, atau kemasyarakatan.

B.      Visi Departemen Ilmu Manajemen Komunikasi

Menjadi lembaga Pendidikan Tinggi yang memiliki keunggulan sebagai pusat Pendidikan, Penelitian, dan Pendayagunaan teknologi  komunikasi dalam bidang Ilmu Manajemen Komunikasi.

C.     Misi Departemen Ilmu Manajemen Komunikasi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan bidang kajian Ilmu Manajemen Komunikasi untuk jenjang sarjana.
  2. Melakukan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu Manajemen Komunikasi serta pendayagunaan teknologi komunikasi dan informasi.
  3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendekatan manajemen dalam pengelolaan komunikasi untuk menciptkan masyarakat yang komunikatif.

D.      Standar Kompetensi Lulusan

MOTIVATION

Lulusan Departemen Ilmu Manajemen Komunikasi diharapkan memiliki motivasi untuk:

  1. Mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh demi kepentingan dunia kerja, pendidikan, maupun masyarakat.
  2. Tidak pernah berhenti belajar (sebagai learner) dan mengembangkan dirinya.
  3. Selalu memperbanyak pengalaman.
  4. Mendalami spesialisasi dibidang Manajemen Komunikasi dan memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan.
  5. Selalu berprestasi, baik di dunia kerja, pendidikan, atau masyarakat.
  6. Menjalin kerjasama dan memperluas networking beragam pihak.

ABILITY

  1. Menggunakan bahasa Inggris dengan baik, secara lisan maupun tulisan
  2. Menyampaikan pesan dalam berbagai bentuk tulisan, baik tulisan ilmiah maupun ilmiah populer.
  3. Menyampaikan pesan secara lisan dalam berbagai kegiatan/event.
  4. Menggunakan komputer secara optimal (Microsoft Word, Power Point, dan internet).
  5. Menggunakan peralatan komunikasi berbasis teknologi.
  6. Memvisualisasikan pesan dalam sebuah tampilan.
  7. Membina hubungan antar pribadi dengan keluarga, teman dan kolega.
  8. Mendesain sebuah penelitian baik penelitian kuantitatif maupun pebnelitian kualitatif.
  9. Mengkonsep (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) sebuah pelatihan.
  10.  Mengkonsep (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) kegiatan pemasaran
  11. Mengkonsep (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) bisnis media.

SKILL

  1. Terampil bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan
  2. Terampil berbicara diberbagai konteks/setting komunikasi.
  3. Terampil menulis pesan dalam berbagai bentuk tulisan.
  4. Terampil menggunakan komputer dan intranet serta internet.
  5. Merancang, menyelenggarakan, dan mengevaluasi program pelatihan komunikasi dan pelayanan jasa konsultasi.
  6. Merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi program komunikasi pemasaran dalam konteks bisnis dan nonbisnis
  7. Merancang, memproduksi dan mengevaluasi aneka program media.

ATTITUDE

Lulusan program studi Ilmu Komunikasi Departemen Ilmu Manajemen Komunikasi diharapkan memiliki sikap : Profesional (Personality, Motivation, and Knowledge)

KNOWLEDGE

Lulusan Manajemen Komunikasi diharapkan memiliki pengetahuan mengenai:

  1. Teori dan konsep Basic Communication Skills
  2. Teori dan konsep pengembangan SDM dan pengembangan jasa konsultasi
  3. Teori dan konsep komunikasi pemasaran
  4. Teori dan konsep perencanaan dan manajemen media.