Ilmu Hubungan Masyarakat

 

PROGRAM STUDI/DEPARTEMEN

ILMU HUBUNGAN MASYARAKAT

A.      Tujuan Pendidikan

Program Studi/Departemen Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relations) bertujuan membentuk sarjana yang terampil melakukan komunikasi timbal balik antara lembaga dengan publik secara harmonis guna mencapai kerjasama dan saling mengerti dalam mencapai kepuasan bersama. Untuk mencapai tujuan tersebut, sarjana Program Studi/ Departemen Ilmu Hubungan Masyarakat diharapkan memiliki:

  1. Pengetahuan tentang berbagai kegiatan lembaga baik internal maupun eksternal memantau dan menemukan masalah, serta membantu memecahkan masalah yang timbul dalam hubungan publik.
  2. Kemampuan menganalisis situasi menyusun perencanaan program Humas, melakukan komunikasi, dan evaluasi
  3. Kemampuan menggunakan teknik komunikasi lisan, tulisan., gambar, dalam situasi perorangan, kelompok dan massa.
  4. Pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kehumasan serta dapat bekerjasama dengan sesama ahli bidang Humas dengan maksud untuk dapat menciptakan kepentingan bersama.

B.       Visi Prodi/Departemen Ilmu Hubungan Masyarakat

Menjadikan program studi/Departemen Ilmu Public Relations (PR) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, sebagai pusat pengembanagn ilmu dan profesi Public Relations handal dan profesional yang mendukung ketersediaan tenaga Public Relations untuk memenuhi kebutuhan instansi, perusahaan, dan lembaga yang terkait yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat madani (civil society) di Era Globalisasi

 C.      Misi Prodi/Departemen Ilmu Hubungan Masyarakat

  1. Menghasilkan tenaga profesional Public Relations untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia yang siap bersaing di Era Globalisasi.
  2. Mengembangkan konsep-konsep (pendekatan teori dan praktek)
  3. Mendukung kelancaran sistem nasional di dalam menyediakan tenaga ahli Public Relation.
  4. Memfasilitasi diseminasi studi Public Relations lembaga, perusahaan dan pemerintah dalam membangun citra positif perusahaan atau pemerintah dimata publiknya.

D.      Standar Kompetensi Lulusan

MOTIVATION

  1. Siap bersaing dengan lulusan lain di dunia kerja.
  2. Selalu mengembangkan diri dalam keilmuan Public Relations dan ilmu yang relevan.
  3. Selalu mengembangkan wawasan Public Relations.
  4. Selalu berprestasi baik di keilmuan maupun didunia kerja.
  5. Selalu mengembangkan kerjasama dan memperluas jaringan dengan organisasi profesi yang terkait.

ABILITY

  1. Menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar yang baik.
  2. Menguasai bahasa asing sekurang-kurangnya bahasa Inggris secara aktif.
  3. Menguasai berbagai aplikasi komputer.
  4. Mampu membina hubungan yang baik dengna publik-publik lembaga.
  5. Mampu membuat riset sebagai dasar keilmuan PR.
  6. Mampu menganalisis opini publik.
  7. Mampu menganalisis reputasi lembaga.
  8. Mampu membuat konsep pencarian fakta, perencanaan, pengkomunikasian dan mengevaluasian semua kegiatan PR.
  9. Membuat konsep perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian marketing PR.

SKILL

  1. Terampil menjadi komunikator/publik speaker di depan publik.
  2. Terampil menggunkan bahasa tulisan sebagai bahasa komunikasi.
  3. Terampil menggunakan komputer sebagai media pengolahan data.
  4. Terampil memanfaatkan internet sebagai media informasi dan komunikasi.
  5. Terampil dalam merancang, menyelenggarakan dan mengevaluasi kegiatan public relations.
  6. Terampil dalam melakukan riset publik.
  7. Terampil dalam melakukan penelitian sosial dan komuniksi.
  8. Terampil dalam membuat media-media public relations.
  9. Terampil dalam merancang, memproduksi, dan mengevaluasi media komunikasi, public relations.
  10. Terampil dalam merancang strategi untuk kampanye public relations.

ATTITUDE

Lulusan Prodi Hubungan Masyarakat diharapkan memiliki sikap : jujur, pekerja keras, mampu berwirausaha, profesional, bertanggung jawab, memilki integritas.

KNOWLEDGE

  1. Basic Communication Theory
  2. Metode penelitian dan metode riset untuk publik
  3. Perkembangan teknologi komunikasi
  4. Manajemen media-media public relations
  5. Manajemen dan strategi public relations
  6. Manajemen pengelolaan hubungan manusiawi