Program Studi Hubungan Masyarakat

 

Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) Unpad adalah program studi yang berperan sebagai pusat pengembangan ilmu dan profesi Humas yang handal dan profesional, untuk mendukung ketersediaan tenaga Humas untuk memenuhi kebnutuhan instansi, perusahaan, dan lembaga yang terkait. Berorientasi pada pemberdayaan masyarakat madani (civil society) di era globalisasi ini.

Program studi Humas Fikom Unpad memiliki misi untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Hubungan Masyarakat untuk memenuhi kebutuhan SDM yang siap bersaing di Era Globalisasi, mengembangkan konsep-konsep (pendekatan teori dan praktek) yang efektif dalam membangun citra positif lembaga perusahaan atau pemerintah, dan mendukung kelancaran sistem nasional di dalam menyediakan tenaga ahli Hubungan Masyarakat.

Kurikulum program studi ini memiliki beberapa kekhususan seperti yang dijelaskan berikut:

1) Menyiapkan mahasiswa dengan pemahaman prinsip-prinsip Humas;

2) Menyiapkan mahasiswa dengan kemampuan-kemampuan dan keterampilan praktek yang diperlukan dunia kerja dalam profesi Humas;

3) Menyiapkan mahasiswa dengan wawasan dalam kerangka filosofi, etika dan legal Humas, dan sebuah pemahaman dari sebuah peran dan tanggungjawab Humas dalam sebuah masyarakat informasi dan demokratis;

4) Mengembangkan mahasiswa dalam kemampuan berpikir kritis dan analitis, memfasilitasi dalam metode penelitian komunikasi dan meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Program Studi Hubungan Masyarakat

  1. Melaksanakan pembelajaran bidang keilmuan Hubungan Masyarakat yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang hubungan masyarakat, sehingga mampu berkiprah di dunia kerja.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di situasi nasional maupun global.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang menitikberatkan kepada isu-isu dalam lingkup lokal, nasional dan internasional, baik sebagai pengembangan keilmuan maupun untuk berkontribusi pada pemecahan masalah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  4. Meningkatkan jumlah keterlibatan dosen dan mahasiswa pada kegiatan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan keilmuan dan pengembangan kepribadian dalam berkontribusi bagi pemberdayaan pemerintah, industri dan masyarakat.
  5. Terlaksananya sistem manajemen pendidikan yang menerapkan prinsip penjaminan mutu pendidikan tinggi, baik pada masukan, proses maupun keluaran berdasarkan aturan perundang- undangan, visi, misi dan nilai-nilai dasar Unpad.
  6. Terwujudnya kemitraan dengan berbagai organisasi dalam dan luar negeri untuk kepentingan penyediaan kesempatan magang dan praktikum pembelajaran, promosi bersama, peluang melakukan kerjasama tridharma dan pendanaan riset serta beasiswa bagi mahasiswa.

Kompetensi Lulusan Program Studi Hubungan Masyarakat

  1. Mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan/program Hubungan Masyarakat dalam berbagai bentuk dan jenjang organisasi serta mengelola media dan program komunikasi kehumasan internal dan eksternal.
  2. Mampu melaksanakan riset opini publik, pencitraan dan kampanye terbatas untuk mengembangkan hubungan berdasarkan goodwill.
  3. Mampu menggunakan keterampilan komunikasi untuk membangun hubungan dengan komunitas media, pemerintah dan berbagai publik terkait dengan menggunakan teknologi komunikasi yang terkait denganbidang penerapan humas termasuk Cyber Public Relations.
  4. Mampu mengelola isu dan menangani krisiskomunikasi, konflik dan masalah komunikasi organisasi berdasarkan teori, teknik, prinsip-prinsip dan etika kerja hubungan masyarakat.
  5. Menguasai teori-teori pencitraan, persuasi, komunikasi massa, komunikasi publik, pengelolaan isu dan teori relationship untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik/stakeholdersterkait, dan secara kontekstual menguasai pengetahuan tentang posisi, fungsi dan praktik Humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah, swasta atau lembaga swadaya masyarakat.
  6. Mampu melakukan evaluasi pasca produksi media-media PR baik untuk media cetak maupun elektronik berdasarkanan analisis kebutuhan dan pemetaan konsumen & pasar
  7.  Menguasai teori –teori terkait perilaku konsumen, komunikasi visual, komunikasi persuasi, dan komunikasi massa & media baru sehingga mampu menghasilkan karya atau produk iklan sesuai perencanaan strategis iklan; keterampilan membuat desain periklanan mencakup copywriting, visualisasi, dan editing baik untuk media cetak maupun elektronik, serta memiliki keterampilan bernegosiasi dan membina hubungan dengan klien.
  8. Mampu memetakan potensi publik dan permasalahannya dalam upaya menyelesaikan krisis komunikasi.
  9. Mampu menganalisis dan menginterpretasikan permasalahan yang terdapat di publik internal dan eksternal.