Tautan menuju laman web Prodi Humas, silakan klik ikon di bawah

Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) Unpad adalah program studi yang berperan sebagai pusat pengembangan ilmu dan profesi Humas yang handal dan profesional, untuk mendukung ketersediaan tenaga Humas untuk memenuhi kebnutuhan instansi, perusahaan, dan lembaga yang terkait. Berorientasi pada pemberdayaan masyarakat madani (civil society) di era globalisasi ini.

Program studi Humas Fikom Unpad memiliki misi untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Hubungan Masyarakat untuk memenuhi kebutuhan SDM yang siap bersaing di Era Globalisasi, mengembangkan konsep-konsep (pendekatan teori dan praktek) yang efektif dalam membangun citra positif lembaga perusahaan atau pemerintah, dan mendukung kelancaran sistem nasional di dalam menyediakan tenaga ahli Hubungan Masyarakat.

Visi dan Misi Program Studi Hubungan Masyarakat

A. Visi

“Menjadi Program Studi yang memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu Hubungan Masyarakat dan menjadi pusat studi Hubungan Masyarakat yang diakui di tingkat lokal, nasional, maupun internasional serta mampu beradaptasi terhadap perubahan di tingkat lokal, nasional, dan internasional di tahun 2026″

B. Misi

  1. Mengembangkan pembelajaran keilmuan Hubungan Masyarakat yang bermutu serta mengikuti perkembangan jaman untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Hubungan Masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian yang menitikberatkan pada isu-isu perkembangan Hubungan Masyarakat dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pembelajaran dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat.
  4. Mengembangkan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).
  5. Menjalin hubungan kerjasama strategis dengan masyarakat, pemerintah, industri bisnis, institusi pendidikan, serta perguruan tinggi lain baik didalam negeri maupun luar negeri secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan dan menjalin hubungan kerjasama strategis dengan masyarakat, pemerintah, bisnis dan industri, institusi pendidikan, serta perguruan tinggi lain baik didalam negeri maupun luar negeri secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan dan saling percaya.

 

Kompetensi Lulusan Program Studi Hubungan Masyarakat

 

A. Kompetensi Utama

  1. Mampu membangun kerjasama tim dalam melaksanakan program kehumasan internal dan eksternal;
  2. Mampu membangun kemitraan dengan publik internal dan eksternal;
  3. Mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan/program Hubungan Masyarakat dalam berbagai bentuk dan jenjang organisasi serta mengelola media dan program komunikasi kehumasan internal dan eksternal;
  4. Mampu melaksanakan riset opini publik, pencitraan, reputasi, dan kampanye terbatas untuk mengembangkan hubungan berdasarkan goodwill;
  5. Mampu menggunakan keterampilan komunikasi untuk membangun hubungan dengan komunitas media, pemerintah dan berbagai publik terkait dengan menggunakan teknologi komunikasi yang terkait dengan bidang penerapan humas termasuk Cyber Public Relations. Pencapaian kompetensi ini melalui mata kuliah Hubungan Media, Corporate Social Responsibility, Media Humas Kontemporer;
  6. Mampu mengelola isu dan menangani krisis komunikasi, konflik dan masalah komunikasi organisasi berdasarkan teori, teknik, prinsip-prinsip dan etika kerja Hubungan Masyarakat;
  7. Menguasai teori-teori pencitraan, reputasi, persuasi, komunikasi massa, komunikasi publik, pengelolaan isu dan teori relationship untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik/stakeholders terkait, dan secara kontekstual menguasai pengetahuan tentang posisi, fungsi dan praktik Humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah, swasta atau lembaga swadaya masyarakat;
  8. Mampu melakukan evaluasi pascaproduksi media-media public relations baik untuk media cetak maupun elektronik berdasarkan analisis kebutuhan dan pemetaan konsumen & pasar;
  9. Menguasai teori–teori terkait perilaku konsumen, komunikasi visual, komunikasi persuasi, dan komunikasi massa & media baru sehingga mampu menghasilkan karya kehumasan, produk iklan sesuai perencanaan strategis iklan, keterampilan membuat desain periklanan mencakup copywriting, visualisasi, dan editing baik untuk media cetak maupun elektronik, serta memiliki keterampilan bernegosiasi dan membina hubungan dengan klien;
  10. Mampu memetakan potensi publik dan permasalahannya dalam upaya menyelesaikan krisis komunikasi;
  11. Mampu menganalisis dan menginterpretasikan permasalahan (isu) yang terdapat di media massa maupun di publik internal dan eksternal.

 

B. Kompetensi Pendukung

  1. Mengetahui berbagai bidang yang berkaitan dengan komunikasi dan kehumasan;
  2. Mengetahui teknik lobi dan negosiasi yang digunakan dalam kegiatan kehumasan;
  3. Mengetahui teknologi komunikasi dan informasi yang digunakan dalam kegiatan kehumasan;
  4. Mampu membuat perencanaan strategis iklan dan media, memproduksi iklan untuk berbagai tujuan;
  5. Memiliki kemampuan kritis mengenai fenomena komunikasi dan kehumasan;
  6. Memiliki kemampuan secara mandiri dan berdikari dalam menjalankan profesi kehumasan;
  7. Memiliki kemampuan bekerja secara individu dan bekerjasama secara tim di dalam organisasi;
  8. Mampu melobi dan bernegosiasi dengan berbagai publik.

 

C. Kompetensi Lainnya

  1. Mampu mengembangkan dan memiliki integritas moral, kreatifitas, imajinasi, inovasi dan kepekaan terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi di publik;
  2. Memiliki kesadaran dalam bermasyarakat dan bernegara dalam menjalankan profesi kehumasan;
  3. Memiliki kemampuan berbahasa baik bahasa nasional dan bahasa asing lainnya;
  4. Memahami berbagai situasi dan kondisi, aspirasi serta kecenderungan perubahan ideologi, politik, sosial, dan budaya.