Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan

 

Program Studi Ilmu Perpustakaan berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad. Keberadaannya secara kelembagaan di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi menjadi salah satu ke khas-an pendidikan ilmu informasi dan perpustakaan di Universitas Padjadjaran. Berbagai pengetahuan, keahlian maupun keterampilan dalam bidang komunikasi menjadi keunggulan tersendiri bagi lulusan program studi ini. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan kebutuhan seorang ahli informasi yang komunikatif dan memiliki wawasan luas dalam bidang komunikasi dan teknologi komunikasi sehingga diharapkan mereka mampu bekerja secara lebih profesional dalam melayani kebutuhan informasi pada publik/masyarakat luas.

Mahasiswa yang mengambil studi pada program studi ilmu perpustakaan Fikom Unpad akan mempelajari dan memilki kompetensi dalam bidang pengelolaan berbagai sumber daya informasi seperti bahan pustaka, data, arsip, dokumen, pengetahuan dan berbagai jenis, format maupun kemasan informasi lainnya. Tidak hanya itu, mereka juga dituntut untuk dapat mengelola berbagai jenis lembaga informasi seperti perpustakaan, pusat informasi, pusat dokumentasi, lembaga atau unit arsip bahkan museum. Berbagai kemampuan dalam hal manajemen, pemasaran, komunikasi, teknologi dan sistem informasi (aplikasi database dan jaringan informasi), public relations, serta kajian masyarakat informasi wajib dikuasai oleh lulusan dari program studi ini sehingga diharapkan mampu mengelola berbagai lembaga informasi secara profesional. Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan berhak menyandang gelar Sarjana Ilmu Informasi Perpustakaan (S.IIP).

Prospek Kerja:

Hampir tidak satu pun lembaga, instansi maupun perusahaan yang tidak memiliki data, dokumen, arsip maupun berbagai jenis sumber informasi lainnya yang harus mereka kelola secara profesional. Oleh karena itu, lulusan dari program studi ini dapat bekerja dan berkiprah secara profesional hampir di tiap lembaga, instansi pemerintah maupun perusahaan swasta sebagai ahli informasi, ahli dokumentasi, pustakawan, arsiparis maupun sebutan profesi lainnya dalam bidang informasi. Berbagai jenis perpustakaan mulai dari perpustakaan nasional, perpustakaan umum tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus pada berbagai instansi pemerintah maupun swasta merupakan lapangan kerja bagi lulusan program studi ini. Selain itu, lulusan dari program studi ini dapat juga membuka lapangan usaha sebagai wiraswasta dalam bidang informasi seperti konsultan informasi, konsultan perpustakaan, perusahaan jasa pengelolaan dan penyimpanan arsip dan dokumen, jasa pembuatan paket-paket informasi, dan berbagai jasa informasi lainnya.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Program Studi

Program Pendidikan Sarjana Ilmu Perpustakaan bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli dalam bidang Perpustakaan dengan kualifikasi sebagai berikut:

1) Menghasilkan sarjana yang berkualitas dan memiliki kemampuan berkompetisi di dunia kerja.

2) Melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang berskala nasional dan internasional pada bidang ilmu perpustakaan dan informasi

3) Menghasilkan tenaga pendidik yang berkompeten dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi

Kompetensi Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan meliputi:

  1. Kemampuan dalam bidang manajemen kelembagaan informasi
  2. Kemampuan dalam bidang organisasi/pengelolaan sumber daya informasi dan kepustakaan
  3. Kemampuan dalam bidang layanan dan jasa informasi
  4. Kemampuan dalam bidang komunikasi
  5. Kemampuan dalam penguasaan teknologi serta sisteminformasi dan perpustakaan
  6. Kemampuan dalam pengajaran skill informasi
  7. Kemampuan mengkaji, menganalisa dan meneliti pada bidang informasi dan perpustakaan.

Kompetensi PendukungProgram Studi Ilmu Perpustakaan meliputi:

  1. Kemampuan dalam wirausaha informasi
  2. Kemampuan dalam hal literasi informasi dan media
  3. Kemampuan dalam bidang pendokumentasian budaya
  4. Kemampuan dalam penanganan informasi lingkungan
  5. Pemahaman tentang aspek etika dan hukum dalam bidang informasi
  6. Kemampuan dalam bidang pengetahuan lokal (local knowledge)

Kompetensi Lainnya Program Studi Ilmu Perpustakaan meliputi:

  1. Kemampuan bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan berbagai konteks kehidupan.
  2. Kemampuan dalam mengambil keputusan sesuai dengan nilai- nilai kehidupan lokal maupun global.