Program studi manajemen komunikasi (Communication management) adalah program studi yang memfokuskan kajiannya pada corporate and marketing communication. Prodi Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki keterampilan dasar komunikasi, memiliki kemampuan manajerial, memahami dan dapat mengaplikasikan aspek teoritis komunikasi, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, memiliki kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi dan mengembangkan alternatif solusi, merancang strategi komunikasi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi, dapat mempraktikkan komunikasi kepemimpinan, dapat mengelola program-program pengembangan sumber daya manusia komunikasi dalam perusahaan serta dapat mengaudit pelaksanaan komunikasi bisnis dan pemasaran.

Bahan kajian utama prodi ini meliputi dasar manajemen, dasar komunikasi, komunikasi organisasional dan manajerial, teori komunikasi, teknologi komunikasi dan informasi, perencanaan program, strategi komunikasi pemasaran, dan metode penelitian.

Visi dan Misi Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjara

A. Visi

“Menjadi Program Studi yang unggul di bidang Manajemen Komunikasi dan memiliki komitmen tinggi serta mampu bersaing di tingkat nasional, regional serta internasional pada tahun 2026″

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang Manajemen Komunikasi yang berkualitas, profesional, dan beretika; yang unggul di bidang komunikasi strategis, komunikasi pemasaran dan manajemen media
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Manajemen Komunikasi yang berkualitas dan mampu menyelesaikan masalah di bidang Manajemen Komunikasi;
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berkualitas dengan mengimplementasikan keilmuan di bidang Manajemen Komunikasi
  4. Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance), yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil;
  5. Menjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan keterpercayaan.

 

Tujuan Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan manajemen yang menerapkan prinsip penjaminan mutu dan komunikasi pembelajaran yang dinamis.
  2. Menghasilkan lulusan yang yang memiliki integritas keilmuan dan bertindak etis dalam menerapkan Manajemen Komunikasi
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang Manajemen Komunikasi serta mampu memanfaatkan berbagai sumberdaya komunikasi dan menggunakannya untuk memecahkan masalah yang terkait dengan bidang Manajemen Komunikasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalankan profesi di bidang manajemen komunikasi dalam dinamika pembangunan di bidang komunikasi khususnya, dan umumnya di bidang sosial, budaya dan teknologi komunikasi.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk bekerja secara koperatif dengan berbagai pihak dalam memecahkan masalah dalam kerangka Manajemen Komunikasi.
  6. Menghasilkan penelitian di bidang Manajemen Komunikasi berkualitas dan dapat menjadi landasan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang Manajemen Komunikasi.
  7. Menghasilkan penerapan ilmu manajemen komunikasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)
  8. Menjalankan pengelolaan pendidikan di bidang manajemen komunikasi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dan tuntutan masyarakat.
  9. Menghasilkan kerja sama yang berkesinambungan dengan berbagai lembaga baik lembaga di dalam maupun di luar negeri untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Profil dan Kompetensi Lulusan Program Studi Manajemen Komunikasi

A. Profil

Lulusan Penyelenggaraan pendidikan di tingkat sarjana (S1) pada Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran diarahkan untuk menghasilkan 3 (tiga) profil lulusan, yaitu:

  1. Strategist Communication Officer: Ahli mengelola (merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan mengevaluasi) berbagai program komunikasi dalam konteks organisasi dan sosial
  2. Marketing Communication Officer: Ahli mengelola (merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan mengevaluasi) berbagai program komunikasi pemasaran
  3. Media Management Officer: Ahli dalam mengelola media terkait dengan perencanaan dan produksi dalam konteks organisasi dan sosial

B. Kompetensi

Lulusan Lulusan Program Studi (Sarjana) Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran diharapkan memiliki kompetensi pada bidang komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan manajemen media yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen komunikasi, strategi komunikasi, riset, dan produksi media komunikasi sehingga mampu mengimplementasikan ragam kegiatan komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan manajemen media dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Lulusan Program studi ini dapat bekerja sebagai manajer komunikasi pada instansi pemerintah maupun swasta serta organisasi masyarakat, konsultan komunikasi, praktisi di bidang kampanye sosial dan komunikasi pemasaran, dan juga tidak menutup kemungkinan untuk bidang lainnya. Lulusan Program Studi Manajemen Komunikasi dipersiapkan untuk bekerja sesuai dengan tuntutan profesional di bidang komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan manajemen media dengan cara membiasakannya selama kuliah mengenali, mengkaji, menganalisis, dan menyusun strategi komunikasi dalam menangani persoalanpersoalan organisasi dan sosial secara langsung maupun dengan menggunakan media cetak, audio, dan audio visual.