Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi

 

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi unggulan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Berbekal pengalamannya, Program Studi Ilmu Komunikasi terus tumbuh menjadi program studi yang paling diminati di Universitas Padjadjaran.

Visi dan Misi Prodi Ilmu Komunikasi

A. Visi

Tahun 2026 menjadi penyelenggara dan pengelola program pendidikan Sarjana Ilmu Komunikasi yang berkualitas dan memiliki keunggulan kompetitif (center of excellence) di tingkat nasional dan diakui di tingkat regional, dan internasional

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi jenjang sarjana yang mampu mengembangkan keilmuan komunikasi menuju center of excellence serta memenuhi kebutuhan industri profesional dan tuntutan masyarakat (stakeholders) dengan prinsip partnership, respect, innovation, diversity, and equality.
  2. Menyelenggarakan riset dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuju center of excellence bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat pada umumnya.
  3. Menghasilkan insan akademik jenjang sarjana yang menjunjung tinggi etika komunikasi serta keluhuran budaya lokal dan budaya nasional menuju center of excellence.
  4. Menyelenggarakan tata kelola lembaga pendidikan tinggi tingkat sarjana yang profesional dan akuntabel dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu menuju center of excellence serta sistem manajemen organisasi program studi yang profesional, transparan, dan akuntabel dalam keragaman budaya dunia.
  5. Menjalin hubungan kerjasama strategis dengan masyarakat, pemerintah, dunia industri, dan institusi pendidikan lain, secara berkelanjutan dengan menerapkan prinsip partnership, respect, innovation, diversity, and equality

Profil Lulusan

  1. Memiliki karir sebagai komunikolog profesional (scientific communication professional) dibidang komunikasi.
  2. Memiliki karir sebagai perencana strategis (strategic planner) di industri komunikasi
  3. Memiliki karir sebagai pengembang media kreatif (creative media developer); pengembang berbagai bentuk konsep isi dan produk media kreatif, baik berbasis printing, broadcasting, digital, multimedia, dan lain-lain