FE Trisakti Studi Banding Kearsipan ke Fikom Unpad

 
Studi Banding Kersipan FE Trisakti (Foto Suwito)

Studi Banding Kersipan FE Trisakti (Foto Suwito)

JATINANGOR – Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta mengadakan studi banding masalah kearsipan ke Fikom Unpad, Selasa (27/1) pukul 13.00 – 15.00 WIB. Sebanyak 20 dosen FE Trisakti diterima di Ruang Oemi Abdurrahman. Selain itu, juga hadir sekitar 20 orang tim dari Unit Pelaksana Teknis Kearsipan Universitas Padjadjaran.

 

Kunjungan tim dari FE Usakti tersebut dalam rangka sharing Perintisan Sumber Daya Manusia Kearsipan, Pengelolaan Arsip, dan Record Centre Perguruan Tinggi. Fikom sendiri memiliki SDM Kerasipan yang cukup handal, bahkan kehandalannya dipuji oleh pihak luar negeri. Itu sebabnya tim dari Fikom Unpad beberapa waktu lalu dipercaya untuk mengarsipkan berkas-berkas bersejarah semasa Perang Dunia II oleh Universitas Leiden Belanda.

 

Wakil Rektor IV Bidang Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, dan Tata Kelola, Prof. Dr. Ir. H. Roni Kastaman, MSIE yang ikut menerima tim dari FE Trisakti ini menyatakan pembentukan Pusat Depo Arsip atau Archieve Centre sangat penting dalam sebuah institusi pendidikan. “Setiap perencanaan memerlukan data sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan yang tepat,” ujar Prof. Roni. “Saat ini Unpad telah memiliki sebanyak 36 orang tenaga ahli kearsipan atau arsiparis. Dengan adanya pusat arsip, budaya data-minded bisa lebih dikembangkan,” tambah Roni.

 
Menurut Dekan Fikom Unpad, Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D, saat ini Fikom sudah menjalin kerjasama internasional dalam hal kearsipan dengan Leiden University di Belanda dan Perpustakaan Negeri Sarawak di Malaysia. Fikom juga memiliki program studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan yang juga fokus pada disiplin ilmu tentang dokumentasi dan kearsipan.

 

Ketua Tim FE Trisakti Diterima Warek-4 Unpad dan Dekan Fikom Unpad. (Foto Suwito)

Ketua Tim FE Trisakti Diterima Warek-4 Unpad dan Dekan Fikom Unpad. (Foto Suwito)

Dari pihak FE Universitas Trisakti yang diwakili oleh Murtanto, S.E., Akt., M.Si. menyatakan tujuan dari kunjungan tersebut. “Kami memiliki 13 program studi dari D3 hingga S3 di Fakultas Ekonomi, sedangkan kami belum memiliki satupun tenaga ahli kearsipan,” ungkap Wakil Dekan II FE Universitas Trisakti ini. “Kami perlu memperbaiki sistem pendataan arsip dan upgrading tenaga pendidikan yang menguasai ilmu kearsipan.

 

Memasuki sharing session, Kepala UPT Kearsipan Kusnandar S.Sos., M.Si., yang juga dosen Fikom Unpad, memandu diskusi. Sebelumnya ditampilkan tentang sistem pengarsipan Unpad melalui pemutaran video. Selanjutnya dilakukan pembahasan tentang pentingnya pengelolaan arsip dan tata cara pengarsipan. Unpad juga sudah pernah melakukan Pendidikan dan Pelatihan Arsiparis Tingkat Ahli sebagai bentuk kerjasama dengan Arsip Nasional RepubIik Indonesia dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. (Evelynd)