Fikom Universitas Sahid Studi Banding Ke Fikom Unpad

 
Dekan Fikom Unpad menerima kunjungan pimpinan Unsahid Jakarta (Foto Suwito)

Dekan Fikom Unpad menerima kunjungan pimpinan Unsahid Jakarta (Foto Suwito)

JATINANGOR – Fikom Unpad kembali mendapat kunjungan dari pimpinan dan pengelola program Pascasarjana Universitas Sahid (Usahid) Jakarta, Selasa (14/4). Mereka diterima langsung oleh Dekan Fikom Unpad, Prof.Deddy Mulyana,MA.PhD di ruang rapat gedung pascasarjana Fikom Unpad.

 
Dalam sambutannya Dekan Fikom, Prof. Deddy Mulyana, MA., Ph.D., menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya Fikom Unpad telah terpilih menjadi salah satu tujuan studi banding Usahid. “Dalam hal akreditasi, program studi yang ada Fikom Unpad telah meraih nilai akreditasi A untuk berbagai jenjang program studi di program diploma tiga, sarjana, dan pascasarjana serta secara institusi sendiri Universitas Padjadjaran memperoleh akreditasi A. Sehingga tidak salah, apabila Usahid melakukan studi bandingnya ke Fikom Unpad” papar Deddy Mulyana.

 

Wakil Rektor I bidang Akademik Usahid, Bernard Hasibuan, Ph.D mengungkapkan, kunjungan ini sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi yang telah terbangun oleh rektor Usahid terdahulu sejak kepemimpinan dekan Fikom Unpad pada era Drs. FX. Ins. Semendison, SU di era 90-an, serta untuk belajar dan mempelajari pelaksanaan inovasi kurikulum mulai dari perancangan kurikulum, implementasi kurikulum, dan evaluasi kurikulum yang berbasiskan KKNI yang ada di program Pascasarjana Fikom Unpad yang telah berjalan selama ini.

 

“Studi banding ini kami lakukan dengan tujuan sebagai sarana mereview atau pemutakhiran kurikulum yang telah disusun agar sesuai dengan sajian kurikulum yang diamanatkan oleh Permendikbud tahun 2014 yang tetap memiliki nilai akademis, competitiveness business dan efisien”, kata Bernard.

 

Sahid-3

Koord Program Doktor Komunikasi Fikom Unpad, Dr.Siti Karlinah MSi, memberikan penjelasan (Foto Suwito).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fikom Unpad, Dr. Atwar Bajari, M.Si memaparkan tentang mekanisme dan kebijakan pengelolaan kegiatan pembelajaran di Program Pascasarjana Fikom Unpad yang berawal dari program pascasarjana yang dikelola secara terpusat oleh Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran dan sejak tahun 2010 pengelolaannya dialihkan ke fakultas dalam rangka otonomi secara kurikulum maupun keuangan. “Dengan kata lain, sejak tahun 2010 Fikom Unpad mengelola program pascasarjana secara mandiri” ucap Atwar Bajari.

 

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Dekan II Fikom Unpad, Dr. Susanne Dida, MM; Koordinator Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Dr. Suwandi Sumartias, M.Si; Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi; Dr. Siti Karlinah, M.Si; kepala UPT Humas Fikom Unpad, Aat R. Nugraha, M.Si dan para dosen pengampu Program Pascasarjana Fikom Unpad. Sedangkan dari pihak Usahid yang hadir sebanyak 6 orang yang terdiri atas pimpinan program pascasarjana Usahid, tim dosen kurikulum Usahid dan ketua serta staf lembaga pengkajian, penelitian, dan pengabdian masyarakat Usahid.

 

Adapun, harapan dan tujuan dari hasil diskusi ini yang ingin dicapai oleh pihak Usahid adalah “pimpinan dan para pengelola Program Pascasarjana Usahid dapat mencontoh dan mengaplikasikan penerapan sistem, strategi dan manajemen kurikulum yang telah dilakukan oleh program pascasarjana Fikom Unpad agar bisa diterapkan di program pascasarjana usahid secara baik dan konsisten”, ujar wakil rektor I Usahid. (ARN).