Fikom Unpad Career Clinic 2016, Membantu Mahasiswa Menentukan Pilihan Pasca Kampus

 

1476460014531

JATINANGOR – Bertempat di Auditorium Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, pada hari Kamis (13/10/2016) Divisi Hubungan Eksternal BEM Bima Fikom Unpad menyelenggarakan “Fikom Unpad Career Clinic 2016”, sebuah seminar mengenai persiapan memasuki dunia kerja dan seminar mengenai study abroad yang mengangkat tema “Break the Limit and Achieve Your Bright Future “.

Acara ini diselenggarakan atas dasar diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mana kebijakan ini akan semakin meningkatkan persaingan di dunia kerja, karena lulusan sarjana di Indonesia bukan lagi bersaing dengan lulusan sarjana Indonesia yang lain, namun bersaing dengan lulusan-lulusan sarjana dari negara ASEAN lainnya. Seseorang tidak hanya dituntut untuk dapat memiliki sebuah keahlian atau kemampuan di bidangnya, namun mereka juga harus dapat menunjukkan kemampuan yang dimilikinya kepada orang lain agar dapat membuat dirinya dipilih di antara sekian banyak pesaing.

Selain itu menurut organisasi Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia, data menunjukan bahwa terdapat 50 ribu pelajar Indonesia yang belajar ke luar negeri pada 2012 dengan tren pertumbuhan sekira 20% setiap tahun. Saat ini siapa saja bisa mewujudkan impian bersekolah di luar negeri. Melanjutkan kuliah di luar negeri dengan fasilitas pendidikan kelas dunia, kurikulum berstandar internasional, dan jaringan pergaulan yang sangat luas merupakan impian ribuan pelajar di Indonesia.

1476460029009

Atas dasar tersebut, Divisi Hubungan Eksternal BEM Bima Fikom Unpad mengadakan acara ini untuk memfasilitasi mahasiswa agar mendapat bekal mengenai dunia kerja sebelum lulus dan juga berbagai tips & trik mengenai study abroad untuk mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke luar negeri. Acara ini di isi oleh para pembicara yang sangat expert di bidangnya masing-masing yaitu Guru Besar Bidang Psikologi Industri Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Hj. Diana Harding, M.Si dan Executive Committe Ikatan Alumni Prancis Indonesia serta Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis 2012-2013 Muhammad Dhafi Iskandar.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB dengan sambutan dari Ketua BEM Bima Fikom Unpad Mahbub Ubaedi Alwi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Manajer Kemahasiswaan & Alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bapak FX Ari Agung Prastowo. Selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Unpad dengan dirigen oleh saudari Linda Sri Rahayu. Kemudian dilanjutkan dengan seminar sesi pertama oleh Prof. Dr. Hj. Diana Harding, M.Si yang membahas materi mengenai personal branding, interview appearance, dan pelatihan CV yang di moderatori oleh saudari Khansaa Ziz Fathima. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta penyerahan cinderamata oleh saudara Acep Can Can selaku Ketua Pelaksana acara ini kepada pembicara pertama. Acara terakhir yakni seminar sesi kedua mengenai study abroad yang dipaparkan oleh saudara Muhammad Dhafi Iskandar yang membahas materi mengenai tips & trik mendapatkan beasiswa  ke Eropa, sharing mengenai  kehidupan perkuliahan di Prancis, serta pemutaran Film Pendek karya mahasiswa pertelevisian asal Indonesia dan Film Pendek karya alumni Fikom Unpad dari Bapak Ade Kadarisman tentang perkuliahan di Prancis. Dilanjutkan kembali dengan sesi diskusi & tanya jawab serta penyerahan cinderamata kepada pembicara kedua dan kepada moderator.

Acara ini dihadiri oleh 96 peserta yang mayoritas dari Fikom Unpad dengan jumlah 68 peserta dan sisanya dari Fakultas lain seperti, Fmipa, FIB, Faperta, Fisip, Fapet, Fapsi, serta dari universitas lain yakni UPI dan Ikopin.

Salah satu peserta yaitu Isman Muayyad mahasiswa angkatan 2011 Fakultas Psikologi Unpad memberikan kesan pesannya untuk acara ini, “Tak ada sesuatu pun masalah di dunia ini tanpa dipasangkan dengan solusinya. Career clinic yang diadakan BEM Fikom Unpad, hadir memberi solusi pada permasalahan pilihan karir terbaik untuk masa depan. Sangat tepat bagi mereka yang akan memilih karir di dunia industri maupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Acaranya fresh, setting kegiatan yang modern dan kontennya informatif. Pesannya, semoga acara positif ini bisa hadir setiap tahun dan bisa lebih berkembang lagi di kemudian hari” ujarnya.

Kemudian mahasiswa lain yakni Muhammad Hanif Izzatullah dari Prodi Humas Fikom Unpad angkatan 2011 mengatakan, “Career clinic yang diadakan BEM Fikom Unpad sangat membantu untuk para mahasiswa yang masih bingung menentukan langkah selanjutnya di kehidupan paska kampus. Pembicaranya kompeten banget, mereka punya pengalaman langsung dalam dunia industri dan akademik. Kita para peserta dapat banyak banget ilmu di kedua pilihan itu, dan saya jadi semakin yakin dengan langkah selanjutnya…” imbuhnya.

Harapan kami dengan diadakannya acara ini dapat membantu mahasiswa untuk meraih kehidupan pasca kampus yang sukses baik itu dengan jalan mendapat perkerjaan yang diinginkan, melanjutkan kuliah ke luar negeri, dan sesuatu apapun yang baik yang ingin dicapai. (Acep Can Can/SL).

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu