Fikom Unpad Gandeng Polda Jawa Barat Kampanye AXARA.

 

BANDUNG – Mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat kelas F angkatan 2012 Fikom Unpad, Sabtu, (13/6) menyelenggarakan AXARA “Aksi Keselamatan Berkendara” bersama Polda Jawa Barat dan didukung oleh Ardan Radio serta Trans Studio Mall (TSM). Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berlalu lintas ini dilangsungkan di pelataran Trans Studio Mall, Bandung.

 
Inti dari acara ini adalah rangkaian lomba yang dapat mengedukasi dan dikemas secara menarik, diantaranya adalah lomba Polisi Cilik untuk siswa SD, lomba Orasi untuk siswa SMP dan SMA mengenai keselamatan berkendara, dan juga Instagram Photo Competition dengan tema “Pengendara Lalu Lintas” yang dipamerkan saat acara berlangsung.

 
“Harapan saya dari kegiatan AXARA ini agar semua individu masyarakat bisa menjadi pelopor keselamatan lalu lintas dan mampu menjadikan budaya keselamatan sebagai kebutuhan, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.” Rangkaian acara dibuka dengan sambutan oleh AKBP Mohammad Tora, SH, S. Ik selaku Kasubdit Dikyasa Polda Jawa Barat.

 
Lomba Polisi Cilik dan lomba Orasi keselamatan berkendara sebelumnya sudah dipelombakan di daerah asal masing-masing peserta, seperti Cirebon, Purwakarta, Cianjur, Bandung, Cimahi, Karawang, Sukabumi, Subang, dan Bogor. Para kontestan yang mengikuti lomba di AXARA adalah pemenang dari tiap daerah masing-masing yang dilombakan dalam tingkat Jawa Barat.

 
Rizky, salah satu peserta lomba Polisi Cilik dari Polres Subang menyatakan, “Aku tertarik mengikuti Polisi Cilik ini karena memang bercita-cita untuk menjadi polisi, dan senang banget ini pertama kalinya kita ke kota Bandung”.

 
Para peserta yang umumnya siswa kelas 4-6 SD ini sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini dan mereka menampilkan penampilan terbaiknya. Ketika MC membacakan pengumuman, para pemenang pun sampai menangis terharu. Untuk melengkapi fun charity dalam AXARA, selain seluruh peserta difasilitasi untuk menikmati berkompetisi di kota Bandung, tim pemenang juara 1 Polisi Cilik mendapat kesempatan untuk bermain di Trans Studio Bandung—theme park terbesar ke-2 di Indonesia.

 

 

Acara ini juga dimeriahkan dengan community gathering Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dan Motor Besar Club (MBC) regional Jawa Barat. Sebagai komunitas yang telah berdiri sejak tahun 1993, HDCI menyatakan dukungan penuh terhadap AXARA karena acara ini dapat memberikan reminder ke setiap pengendara untuk selalu berhati-hati, menggunakan alat keamanan berkendara dan untuk tidak melanggar lalu lintas.

 
“Kampanye ini sangat bagus untuk keselamatan berkendara dan pastinya menekan tingkat kecelakaan lalu lintas, karena jika masyarakat aware dgn peraturan, maka kecelakaan bisa terhindar” tukas Lukas Gunawan selaku Humas HDCI.

 
Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh atraksi safety riding dari Ditlantas Polda Jabar serta penampilan cheerleaders, modern dance, dan tentunya pameran foto yang menampilkan hasil Instagram Photo Competition dengan tema “Pengendara Lalu Lintas” yang di upload melalui Instagram account @AXARA_ID dengan hashtag #AXARAPhotoCompetition, lomba ini membuktikan ketertarikan masyarakat terhadap kesadaran dalam berkendara di lalu lintas. 80 besar peserta kompetisi menampilkan foto-foto pengendara yang baik, pelanggar lalu lintas, maupun foto-foto unik yang berada di jalan raya. Peserta lomba ini banyak diikuti oleh anak muda di Indonesia dan pemenangnya mendapatkan hadiah handphone 4G terbaru.

 
Dengan mengajak anak-anak usia dini, AXARA diharapkan mampu menjadi ajang kreativitas dan edukatif yang dapat menandai peran mahasiswa Humas Fikom Unpad dalam mengurangi jumlah kecelakaan di jalan. Mengingat saat ini data statistik menunjukkan bahwa kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia menduduki peringkat ke-2 di dunia setelah Nepal. Menurut data di Polda Jawa Barat, terjadi hingga 155 kasus kecelakaan lalu lintas pada tahun 2013. Dari data tersebut menunjukkan masih kurangnya pemahaman masyarakat Jawa Barat tentang keselamatan berkendara. Oleh karena itu dengan diadakannya AXARA, mahasiswa Universitas Padjadjaran Prodi Hubungan Masyarakat kelas F 2012 ingin merealisasikan sebuah program nyata untuk meningkatkan self-awareness tentang keselamatan berkendara sejak dini.

 
Kegiatan ini merupakan praktik mata kuliah Public Relations Event yang diasuh oleh dosen Lilis Puspitasari S.Sos, M.Ikom. Hadir pula dalam acara di Trans Studio ini kepala Pusat Pengembangan Kegiatan dan Kreativitas Mahasiswa (P2K2M) Fikom Unpad, FX Ary Prastowo S.Sos, MSi. (Shafira Putri)