Fikom Unpad Gelar Diseminasi Penelitian PNBP Dosen 2015

 

Diseminasi-Penelitian-1

JATINANGOR –Fikom Unpad kembali mengadakan kegiatan diseminasi hasil penelitian para dosennya, Rabu (4/11) lalu. Para dosen yang terlibat dalam diseminasi tersebut terdiri atas 44 kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri atas 2 sampai dengan 3 orang anggota.

 

Meskipun jumlah kelompok yang mengikuti sama seperti pada pengabdian kepada masyarakat (PKM), namun kegiatan penelitian ini dibagi dalam dua kategori, yakni kelompok Dosen Madya sebanyak 35 kelompok dan penelitian Dosen muda sebanyak 9 kelompok dengan melibatkan dosen dari berbagi program studi yang ada di fikom unpad yaitu ; Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Jurnalistik, Prodi Humas, Prodi Mankom, Prodi Televisi dan Film, serta Prodi Ilmu Informasi dan perpustakaan, Prodi Magister dan Prodi S3 (Doktor) Pascasarjan Fikom Unpad.

 
Pada tahun 2015 ini, terdapat beberapa kelompok tema yaitu, kelompok tema penelitian tentang Komunikasi kesehatan, kajian media komunikasi, komunikasi pemerintahan, komunikasi pendidikan, serta kajian komunikasi sosial pembangunan.
Diseminasi-Penelitian-2

Penelitian dosen ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Fikom Unpad. Penelitian yang dilaksanakan dosen fikom Unpad ini, merupakan ajang untuk merangsang dan mendorong para dosen untuk kreatif dan inovatif dalam menuangkan ide atau gagasannya melalui kegiatan penelitian, sekaligus juga diharapkan dapat melatih para dosen untuk melakukan penulisan karya ilmiah dengan mengaplikasikan keilmuannya di masyarakat, dan selain aspek tersebut secara tidak langsung penelitian ini dapat mewadahi para dosen dalam mengumpulkan kredit point untuk kenaikan jenjang kepangkatannya, melalui out put hasil penelitian, yang berupa jurnal nasional, jurnal internasional, termasuk juga bahan ajar bagi para mahasiswa.

 
Diseminasi hasil penelitian ini bertujuan untuk memaparkan temuan serta kajian hasil pelaksanaan kegiatan penelitian lapangan maupun penelitian literatur. Selain itu dengan adanya diseminasi hasil penelitian ini diharapkan adanya temuan-temuan baru yang bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi, baik secara teoritis maupun praktis, disamping itu juga sebagai ajang pertukaran informasi ataupun bertukar pendapat (sharing) mengenai berbagai pengalaman maupun temuan selama penelitian berlangsung. Dengan demikian diharapkan adanya berbagai masukkan mengenai kegiatan penelitian ini, dan diharapkan ke depannya dapat merancang dan merencanakan kembali kegiatan penelitian yang lebih besar dengan tema yang lebih beragam. (Iwan Koswara)