FIKOM UNPAD GELAR SEMINAR INTERNASIONAL ICLICK 2018

 

 BANDUNG – Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad menggelar seminar internasional 2018 dengan tema “Pembangunan yang Berkelanjutan” dengan pendekatan perkembangan ilmu pengetahuan sosial, humaniora, dan teknologi, yang diikuti oleh 116 pemakalah dan pembicara yang berasal dari 4 negara yaitu Prof. Deddy Mulyana (Universitas Padjadjaran, Indonesia), Dr. Nik Norma Nik Hasan (School of Communication, Universiti Sains Malaysia), Prof. Sung Kyum Cho (Chungnam University, Korea), dan Elizabeth Stoycheff, Ph.D (Wayne State University, Amerika Serikat) yang dikemas dalam bentuk The 2018 International Conference on Life, Innovation, Change, and Knowledge (ICLICK 2018).

Seminar ini berlangsung di ruang Ballroom Ibis-Trans Studio Bandung, pada Rabu (18/7/2018) ini dibuka oleh Drs. Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang mewakili Rektor Universitas Padjadjaran membuka secara resmi perhelatan diskusi ilmiah kaum intelektual di bidang sosial humaniora, pada tanggal 18 Juli 2018 yang dilanjutkan dengan sesi pemaparan makalah hasil penelitian para peserta berupa parallel session yang berasal dari Jerman, Inggris dan Indonesia.

Dadang Rahmat Hidayat, selaku Dekan Fikom Unpad mengatakan bahwa tujuan seminar ini selain mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang sosial, humaniora, budaya, kemasyarakatan dan teknologi yang disampaikan oleh para pemakalah, seminar ini pun sebagai bentuk kolaborasi diantara institusi pendidikan tinggi yang bekerjasama dengan asosiasi profesi, dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dalam upaya meningkatan kualitas penelitian, pendidikan, dan pengajaran di bidang komunikasi yang berbasiskan pada teknologi informasi, sosial-budaya, serta terintegrasikan dengan nilai-nilai pelestarian lingkungan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia.

Adapun isi tema penyampaian materi dalam seminar internasional ini yang disampaikan oleh para pembicara diantaranya Prof. Sung Kyum Cho menyampaikan makalah tentang “Predicting Public Opinion with Big Data”; dilanjutkan oleh Prof. Deddy Mulyana dengan judul “Toward the Development of Digital Communication Studies”; dan oleh Nik Norma Nik Hasan, Ph.D. tentang “Framing the Suistainable Development Goals (SDGs) in Malaysian Online News”; serta diakhiri oleh Elizabeth Stoycheff, Ph.D. makalah mengenai “Digital Development: Dissecting Threats to Global Internet Freedom”. Pemaparan narasumber dimoderatori oleh Kunto Adi Wibowo, Ph.D., doktor jebolan Wayne State University, Amerika Serikat, dengan desertasi tentang media sosial.

Setelah pemaparan materi dari narasumber, para peserta dibagi dalam kelas-kelas kecil untuk mempresentasikan makalah/paper ke dalam kelompok-kelompok kecil sesuai tema yang sudah ditentukan oleh panitia, ungkap mantan Ketua KPI pusat ini.

Selanjutnya, Dadang menyampaikan bahwa “Semua makalah yang telah dipresentasikan akan dipublikasikan dalam bentuk conference proceedings yang terindeks Thomson Routers dan pada Jurnal Terindeks Scopus bagi artikel yang dianggap berkualitas menurut panitia”, tutur Dekan Fikom Unpad. “Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan tambahan wawasan dan forum diskusi, bertukar informasi antara peneliti, akademisi, praktisi dan mahasiswa di bidang sosial humaniora khususnya”, imbuhnya.

Kegiatan seminar internasional ini merupakan bagian dari identitas akademik dari sebuah perguruan tinggi Unpad yang berstatus PTN BH guna mencapai visi sebagai universitas yang bereputasi internasional. Identitas akademik yang berupa seminar internasional ini merupakan sebagai upaya institusi untuk mensejajarkan dengan perguruan tinggi ditingkat internasional dan akan terus dikembangkan sebagai agenda rutin akademik Fikom Unpad di tahun- tahun berikutnya. Melalui penyelenggaraan seminar internasional yang berkualitas akan menciptakan reputasi yang baik bagi institusi pendidikan seiring dengan hasil publikasi karya ilmiah peserta yang terindeks oleh lembaga akreditasi jurnal internasional. (ARN/SL)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.




Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu