Fikom Unpad jadi Barometer Studi Komunikasi di Indonesia

 
Wakil Rektor-1, Prof.Dr.Engkus Kuswarno,MS.

Wakil Rektor-1, Prof.Dr.Engkus Kuswarno,MS.

JATINANGOR – Fikom Unpad menjadi pionir dalam mengembangkan studi komunikasi di Indonesia. Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Engkus Kuswarno, MS mengatakan beragam terobosan yang dilakukan civitas akademika FIKOM Unpad terus diikuti oleh program studi dan perguruan tinggi lain di Indonesia.“Saat ini FIKOM merupakan barometer pengembangan studi komunikasi di Indonesia, ” ujarnya dalam sambutan memperingati Dies Natalis Fikom Unpad ke-54 di Jatinangor (18/9).

 
Peringatan Dies Natalis Fikom Unpad kali ini diwarnai kehadiran enam program studi yang secara resmi telah terakreditasi A. Keenam program studi tersebut meliputi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Jurnalistik, Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Studi Manajemen Komunikasi, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Program Studi S2 Ilmu Komunikasi dan Program Studi S3 Ilmu Komunikasi.

 
“Saat perguruan tinggi lain baru menyediakan program studi Ilmu Komunikasi, Fikom Unpad sudah menawarkan program studi Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Manajemen Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan. Hal ini terobosan yang mungkin saja akan diikuti oleh perguruan tinggi lain di masa yang akan datang,” tuturnya.

 
Berkat terobosan dan prestasi yang diraih, Suwarno mengatakan, minat masyarakat terhadap studi komunikasi di Fikom Unpad menjadi catatan tersendiri. Dia menuturkan, dalam empat tahun terakhir Fikom Unpad meraih peminat tertinggi di Universitas Padjadjaran. Pada saat yang sama, Unpad merupakan perguruan tinggi dengan jumlah peminat tertinggi di Indonesia.

 
Suwarno memuji terobosan terbaru Fikom yang hanya menerima sekitar 315 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015. “Hal ini membutuhkan keberadaan pimpinan fakultas. Dan Fikom melakukan hal ini Perbandingan dosen dan mahasiswa sudah mendekati ideal.”

 
Terkait mahasiswa baru, Dekan Fikom Unpad Prof. Dr. Dedy Mulyana, PhD memaparkan data 2014 peminat SNMPTN Fikom termasuk dalam tiga kelompok tertinggi peminat calon mahasiswa di lingkungan Universitas Padjadjaran (Kedokteran, Akuntasi, manajemen dan Ilmu Komunikasi). Tahun ini peminat SNMPTN ke Fikom sebanyak 12.278 orang, Ilmu Komunikasi 9.542 orang, Ilmu Perpustakaan 1.539 orang dan Ilmu Humas 1.197 orang.

 
Deddy Mulyana menjelaskan melalui jalur SBMPTN tercatat sebanyak 8.272 orang, Ilmu Komunikasi 5.458 orang, Ilmu Perpustakaan 1.207 orang dan ilmu Humas 1.607 orang dari kursi yang disediakan sebanyak 255 kursi. Pada Program Diploma Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan pendaftarnya sebanyak 2.910 orang dari kursi yang disediakan sebanyak 180 kursi.

 
“Data jalur seleksi program diploma Ilmu Komunikasi adalah terbanyak ke dua setelah fakultas ekonomi. Jumlah mahasiswa yang melakukan registrasi sebanyak 234 orang,” jelas Mulyana. (RAS/MER)