Fikom Unpad, Juara Umum Pekom UI 2016

 

Pekom-1-edit

DEPOK – Fikom Unpad meraih predikat Pekom of The Year 2016 atau juara umum dalam “Pekan Komunikasi 2016” yang diselenggarakan Universitas Indonesia. Malam bertajuk Commweekend, pada Jumat (29/3) berlangsung meriah dengan tema ‘May The Force Be with You’. Para finalis Pekan Komunikasi 2016 hadir dengan balutan busana hitam.

Tahun ini Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad mengirim 23 orang anggota delegasi yang terdiri atas tujuh tim dan dua peserta individu dari seluruh mata lomba kecuali AdWar. Mata lomba dari Pekom 2016 tahun ini hampir sama dengan Pekom tahun lalu; Media Matters, Journalight, Creabo Desain Program TV, Creabo Festival Film, PRVaganza, dan AdWar. Bedanya, tahun ini Pekom menggagas satu kompetisi lagi di Creabo, yakni Lomba Desain Program Radio.

Pekom-3-edit

Fikom Unpad berhasil menjadi juara di semua mata lomba kecuali Creabo Festival Film. Prestasi tersebut di antaranya:

  • Juara 1 Journalight (Rahman Fauzi)
  • Juara 2 Lomba Desain Program Radio Creabo (Cinthia Purnama, Dina Permata, Geny Aprilla)
  • Juara 2 Lomba Desain Program WebTV (Kholistiani Puspadi, Shinta Purnama, Laila Rachmawati)
  • Juara 3 Media Maters (Febriana Tambunan, Asmi Nur, Surya Laili)
  • Juara 3 PRVaganza (Lingga Yonita, Nabila Dhiyasari, Novrisa Nur)

 

Pekom tahun ini menitikberatkan konten kompetisi pada media digital. Journalight, misalnya, mengusung tema ‘It’s All About Data’, peserta diharuskan membuat karya visual di samping karya tulis berita khas.

“Pada tahap final lomba saya mengangkat topik ‘Pendidikan bagi Seluruh Masyarakat Indonesia’ dengan menekankan penggunaan data pada setiap karya. Dalam berita khas berjudul ‘Saat Mereka yang Terdidik Ikut Mendidik’ saya bercerita tentang gerakan mahasiswa mengajar yang mencoba menjadi solusi bagi persoalan pendidikan di masyarakat sekitar mereka,” ungkap Rahman Fauzi, finalis delegasi Fikom Unpad yang berhasil menjadi juara pertama Pekom tahun ini.

Begitu pun dengan mata lomba lainnya. Febriana dkk. mengangkat topik ‘Bina(sa) Bahasa Indonesia’ pada mata lomba Media Matters, Chintia dkk. mengusung program ‘Morning Zest: More Than Just A Radio’ pada mata lomba Creabo Desain Program Radio, Kholistiani dkk. mencanangkan program ‘Kepo Dong’ pada mata lomba Creabo Desain Program WebTV, serta tim Lingga dkk. yang mengampanyekan ‘Kontribusi Astra untuk Indonesia’ pada mata lomba ‘PRVaganza’. Keseluruhan praktik lomba para finalis dilaksanakan dan disebarkan melalui media digital.

Pekom-2-edit

Prestasi yang nyaris merata di seluruh mata lomba tersebut membuat Unpad meraih penghargaan khusus, yakni ‘Pekan Komunikasi of The Year’. Penghargaan ini diberikan kepada perguruan tinggi yang mengirimkan delegasi-delegasi terbaiknya ke Kompetisi Pekan Komunikasi.

Pada malam penganugerahan hadir pula Dekan Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat Hidayat,S.Sos,SH, MSi, Wakil Dekan1, Dr.Dadang Sugiana,MSi, Manajer Kemahasiswaan dan Pembelajaran, FX Ary Prastowo, M.Ikom, serta para dosen Fikom Unpad lainnya (Asmi Nur Aisyah).