Fikom Unpad Lakukan Penyusutan Arsip untuk Efektifitas dan Efisiensi

 

JATINANGOR – Dalam rangka pengelolaan arsip yang efektif dan efisien sesuai dengan Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 dan paraturan perundang-undangan lainnya, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran mulai melaksanakan penyusutan arsip berupa pemusnahan arsip duplikat. Pelaksanaan ini berdasarkan Surat Persetujuan Pemusnahan Arsip dari Kepala UPT Kearsipan Unpad No. 1706/UN6.4.1.3/TU/2016 tanggal 24 Oktober 2016.

Pemusnahan dilaksanakan pada hari Rabu (30/11/2016) pada pukul 10.00 WIB bertempat di Plaza Fikom Unpad. Pelaksanaan pemusnahan diresmikan dan dimulai secara simbolik oleh Ketua UPT Kearsipan Unpad, Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Delianoor, S.H., M.Hum. Acara tersebut  turut  disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, Tata Kelola, dan Sumber Daya, Dr. H. Edwin Rizal, Drs., M.Si., Manajer Tata Kelola dan sumberdaya, Encang Saepudin, S.Sos., M.Si.,  Kepala Bagian Tata Usaha, Tatang Budiman, S.IP., M.M. Kasubbag Administrasi Umum, Ehan, S.IP., M.I.Kom., Kepala Bagian Hukum dan Tata Laksana Unpad, Heni Suryaningsih, Dra., M.Si., Kasubbag Audit Keuangan, Manajemen dan Aset Unpad Dadan Kardan, S.Sos., Kasubbag Administrasi Kearsipan N.R. Anita Trikusumawati, S.Sos., M.Si. serta para pengelola Arsip di lingkungan Unpad.

pemusnahan-arsip

Dalam sambutannya Kepala UPT Kearsipan Unpad menyampaikan agar Fikom dapat melakukan penyusutan- penyusutan lainnya berupa penyerahan arsip inaktif dari Program Studi dan Unit Kerja ke Record Center Fikom, dan penyerahan arsip statis dari Fikom ke Record Center I Unpad. Selain itu, Fikom diharapkan dapat melaksanakan penyusutan arsip asli yang sudah tidak mimiliki nilai guna, sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip (JRA) yang telah mendapatkan persetujuan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) No. B-PK.02.09/18/2016 tanggal 25 Juli 2016. Beliau juga menggarisbawahi bahwa untuk pemusnahan arsip asli ini perlu dilakukan penilaian arsip. Ketua UPT Kearsipan Unpad memberikan Apresiasi yang tinggi terhadap langkah-langkah yang dilakukan Fikom Unpad. Kepala UPT Kearsipan berharap apa yang dilakukan oleh Fikom  menjadi contoh bagi unit-unit kearsipan yang ada di setiap fakultas dan lembaga di lingkungan Unpad. Hal ini  sesuai dengan yang diamanatkan Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 pasal 17 ayat 3 bahwa tugas unit kearsipan lembaga negara adalah melaksanakan pengelolaan arsip inaktif, mengolah dan menyajikan arsip menjadi informasi, melaksanakan pemusnahan arsip, mempersiapkan penyerahan arsip statis, melaksanakan pembinaan dan evaluasi dalam rangka penyelenggaraan kearsipan di lingkungannya.

Setelah pemusnahan arsip selesai dilaksanakan, Kepala UPT Kearsipan beserta saksi-saksi menandatangani berita acara pemusnahan arsip. Sebagai acara penutup Kepala UPT Kearsipan dan para undangan  melakukan peninjauan  ke Record Center II Fikom Unpad. (Wawat Setiawati)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat