Fikom Unpad Masih Jadi Garda Depan Pendidikan Jurnalistik Indonesia

 

Dewan-Pers-Panorama-1JAKARTA – Program Studi Jurnalistik Fikom Unpad masih menjadi garda terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan jurnalistik di Indonesia. Alumni Fikom Unpad yang berkiprah di dunia jurnalistik pun menyebar di hampir semua media.

 
Anggota Dewan Pers, Joseph Adi Prasetyo yang juga mantan praktisi pers di sejumlah media ternama di Jakarta mengungkapkan hal itu, Selasa (23/12) di kantor Dewan Pers Jakarta ketika menerima kunjungan sembilan belas dosen Prodi Jurnalistik yang langsung dipimpin oleh Dekan Fikom Unpad Prof. Deddy Mulyana MA,PhD yang juga tercatat sebagai dosen prrodi Jurnalistik. Rombongan langsung diterima oleh Ketua Dewan Pers, Prof.Dr.Bagirmanan SH,MCl.

 
Dewan-Pers-FotBar-Pejabat“Saya melihat fakta itu di lapangan” ujar Joseph yang lebih akrab dengan sapaan Stanley. Menurutnya, pihaknya sudah lama mengenal jurusan jurnalistik sejak awal tahun 2000-an melalui ketua jurusan Jurnalistik saat itu, Noor Achirul Layla (alm). “Dulu saya sering diajak untuk diskusi tentang kurikulum jurnalistik juga memberikan materi atau kuliah umum di jurusan Jurnalistik Unpad” ujar Stanley.

 
Karena itu, sambung Stanley, pihaknya tahu persis bagaimana kualitas Prodi Jurnalistik Fikom Unpad karena sudah sejak awal 2000-an melalui ketua jurusannya yang terus memperbaiki kurikulum. Dengan kondisi seperti itu, Prodi Jurnalistk Fikom Unpad layak untuk menjadi penyelenggara uji kompetensi wartawan.

 
Dewan-Pers-FotBar.Koordinator Prodi Jurnalistik Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat Hidayat,S.Sos,SH,MSi mengungkapkan, Prodi Jurnalistik memiliki banyak dosen tetap yang mantan praktisi dunia pers, baik praktisi media cetak maupun media elektronik, bahkan beberapa diantaranya memiliki pengalaman belasan hingga puluhan tahun di bidangnya sehingga pihaknya optimis mampu melaksanakan kegiatan sebagai penyelenggara uji kompetensi wartawan.

 
Dekan Fikom Unpad, Prof.Deddy Mulyana MA,PhD mengungkapkan, Fikom Unpad saat ini sekitar 35% dosennya bergelar doktor. Semua program studi mulai dari Diploma sampai doktoral berakreditasi A. Selama lima tahun berturut-turut meraih predikat The Best School of Communication dari majalah Mix Marketing, “Dan selama beberapa tahun terakhir ini peminat calon mahasiswa untuk masuk ke Fikom Unpad selalu nomor satu di Unpad” ujar Deddy. Sekitar 20.000 orang mendaftar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Fikom Unpad.(AA)