Fikom Unpad Masih Tetap Nomor Satu

 
Paparan tentang Fikom oleh Dekan Prof.Deddy Mulyana.

Paparan tentang Fikom oleh Dekan Prof.Deddy Mulyana.

JATINANGOR – Minat calon mahasiswa baru untuk kuliah di Fikom Unpad masih tetap tinggi. Peminat tahun ini masih yang tertinggi dibanding fakultas lain di lingkungan Unpad. Tingginya minat calon mahasiswa baru untuk kuliah di Fikom karena sejumlah variable pendukung yang umumnya positif.

 
Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, Prof.H.Deddy Mulyana MA,PhD mengungkapkan hal itu dalam acara Open House dengan para orangtua mahasiswa baru angkatan 2014, Kamis (14/8) di lapang Futsal kampus Fikom Unpad yang dipasangi tenda raksasa dengan kapasitas seribu orang. Hadir dalam acara ini para wakil dekan, ketua prodi, ketua departemen, serta sejumlah dosen Fikom.

 
Menurut Deddy Mulyana, dalam tiga tahun terakhir ini Fikom Unpad selalu dianugerahi penghargaan sebagai The Best School of Communication dari majalah Mix Marketing (Grup SWA) sebagai lembaga pendidikan tinggi kategori PTN dengan akreditasi A. Penilaian ini berdasarkan hasil survey terhadap ratusan perusahaan pengguna lulusan, orangtua calon mahasiswa, serta siswa SMA yang akan mendaftar ke perguruan tinggi. Untuk kategori ini Fikom Unpad telah mengalahkan PTN-PTN besar ternama yang juga memiliki program studi Ilmu Komunikasi.

 
Pserta KropingSelain itu, data menunjukan bahwa lulusan Fikom Unpad termasuk lulusan yang masa menganggurnya cukup pendek. Rata-rata lulusan Fikom Unpad hanya menunggu sekitar 3,5 bulan sejak lulus untuk mendapat pekerjaan. Di tingkat universitas, untuk masa tunggu bekerja ini, Fikom menduduki peringkat ketiga.

 
Tingginya kualitas mahasiswa Fikom Unpad ini dimungkinkan oleh persaingan yang tinggi untuk bisa diterima sebagai mahasiswa Fikom, baik jalur SNMPTN maupun jalur SBMPTN sehingga kualitas SDM mahasiswa Fikom relatif tinggi. Indikator lain dari tingginya kualitas mahasiswa Fikom dapat dilihat dari aktivitas mahasiswa yang berkiprah ke luar negeri apakah mengikuti pertukaran mahasiswa, kursus singkat, seminar maupun sebagai tim kesenian. “Dari tahun ke tahun jumlahnya meningkat, dan tahun ini sudah berangkat sekitar 60 orang mahasiswa ke luar negeri” ungkap Deddy Mulyana.

 

Spanduk selamt Datang. (Foto AA)

Spanduk selamt Datang. (Foto AA)

Di hadapan para orangtua yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Deddy juga memaparkan tentang aktivitas internasional. Di Unpad, sambungnya, Fikom merupakan fakultas paling internasional dilihat dari frequensi kegiatan internasional serta dosen tamu yang ditangkan dari luar negeri. Fikom Unpad rutin mengadakan forum-forum ilmiah tingkat internasional seperti Seminar Internasional yang dilaksanakan bekerjasama dengan PACA dua bulan lalu yang diikuti oleh 300 peserta dari empat benua.

Selain mendatangkan dosen tamu dari berbagai negara asing, dosen Fikom Unpad sendiri tak sedikit yang berpendidikan baik master mau[un doktor adalah lulusan dari luar negeri. Tahun ini akan berangkat lagi para dosen ke Amerika Serikat, Australia, Belanda dan Malaysia. Jumlah dosen yang bergelar doktor sendiri sudah lebih dari sepertiga dari jumlah dosen. Bahkan angkanya hampir menembus 40% dari seluruh populasi dosen, bahkan dosen yang masih bergelar S-1 hanya tinggal seorang lagi. “Itupun sebetulnya yang bersangkutan tengah menempuh studi S-2, namun belum lulus” ujarnya.

 

Orang Tua Maba 2014 Prodi Perpustakaan di Auditorium.

Orang Tua Maba 2014 Prodi Perpustakaan di Auditorium.

Setelah acara dialog, para orangtua mahasiswa juga diberi kesempatan untuk tur keliling kampus sambil melihat aneka fasilitas yang dimiliki oleh fakultas ini. “Saya sangat bangga anak saya bisa diterima di Fikom Unpad” ujar Bambang Suharyanto, orangtua mahasiswa baru asal Jakarta. (AA)