Fikom Unpad “Ngobrol Bareng” ANTV

 

Anteve-1

JATINANGOR – Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad Jatinangor diramaikan oleh mahasiswa dari Program Studi Televisi dan Film, Penyiaran, Manajemen Komunikasi, dan Jurnalistik yang ingin “ngobrol bareng” ANTV, Rabu (18/11) siang. Acara dengan tema “Serunya Bekerja di Dunia Televisi” ini menghadirkan Risya Marhamila selaku Chief Human Capital, General Services & Corporate Communications Officer ANTV dan Edi Cahyadi selaku Executive Producer ANTV. Acara ini dibuka dengan sambutan Dr. Aceng Abdullah MSi selaku Ketua Prodi Televisi dan Film Fikom Unpad.

 
Diawali dengan pemutaran Audio Visual Presentation tentang bagaimana suasana bekerja di stasiun televisi dan situasi studio dan kantor ANTV, Risya Marhamila menyampaikan informasi seputar ANTV, mulai struktur manajemen kerja ANTV yang terdiri dari bagian programming, production, finance, human capital, technical, marketing & sales, corporate communication, sampai news & sport.

 

“ANTV juga memberikan apresiasi pada karyawan yang berprestasi kerja dengan hadiah umroh bersama pasangan,” papar Risya. Selain itu, Risya menyampaikan 4 poin penting dalam bekerja di dunia televisi, “Creative innovation, teamwork, costumer focus, good governance,” tambah Risya.

 

Anteve-2Materi kedua tentang proses produksi program siaran di ANTV disampaikan oleh Edi Cahyadi. Ia menjelaskan pembagian kerja yang bertanggungjawab membuat sebuah program TV, “Eksekutif produser, produser, associate producer, creative, dan assistant producer.” Materi disampaikan dengan pemutaran video yang memperlihatkan tahap-tahap proses produksi. “Pra produksi, produksi, dan post produksi melibatkan kerjasama tim yang solid,” ungkap Edi mengulas video persiapan salah satu program unggulan ANTV “Mahacinta” dengan bintang tamu Bollywood ini.

 
Memasuki sesi tanya jawab, terlihat antusiasme dari mahasiswa untuk bertanya tentang bekerja di dunia televisi. Edi Cahyadi juga melontarkan beberapa istilah dalam produksi TV dan memberikan merchandise ANTV sebagai hadiah bagi yang menjawab artinya dengan benar. “Rangkaian kunjungan ANTV ke kampus ini diadakan setiap bulan,” ujar Seilla Khairina selaku staf Corporate Communication ANTV.

 
Destri Syafiga, staf corcomm lainnya menambahkan, “Di Bandung, kami juga akan mengunjungi kampus UNPAS dan media Inilah Koran.” ANTV juga sekaligus mengadakan open casting untuk mahasiswa yang tertarik untuk menjadi newspresenter, host program, MC off air, dan bekerja di ANTV.

 

Acara ini di[pandu oleh Shafira Putri dan Duty dari Prodi Humas Fikom Unpad.  (Evelynd)