Fikom Unpad Raih Juara di Comminfest Universitas Atma Jaya 2017

 

YOGYAKARTA – Pada malam penghargaan Comminfest yang diadakan pada 29 April 2017 di Auditorium Kampus II Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kontingen Fikom Unpad berhasil meraih dua penghargaan bergengsi. Pertama, tim prodi Ilkom 2015 berhasil meraih Juara pertama di bidang lomba THE PRime, kedua Lisa Viranda (Jurnalistik 2014), berhasil meraih Juara 1 bidang lomba BROADAY (News Presenter).

Communication Interest Festival (Comminfest) merupakan kompetisi di bidang Ilmu Komunikasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMPS Kom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) bersama Kelompok Profesi / Konsentrasi Studi (KPKS) dan Atma Jaya Radio (AJR). Comminfest terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia yang tertarik dalam bidang Ilmu Komunikasi. Comminfest akan ditutup dengan “Awarding Night” sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya para mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini.

Tema Comminfest 2017 adalah “Menyelami Maritim Indonesia: Temukan Potensi, Wujudkan Aksi”. Tema ini bertujuan mengajak mahasiswa melahirkan ide-ide kreatif dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia melalui lima pilar utama. Comminfest 2017 juga berkaca pada pola pikir Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam menjawab tentangan-tentangan pihak luar terhadap apa yang dilakukannya. Cara berpikir tersebut adalah being simple dan being logic. Being simple dan being logic adalah cara di mana kita melakukan langkah yang sederhana tetapi didasari dengan pemikiran rasional.

Comminfest 2017 memiliki empat mata acara, yaitu Artriwara, Broaday, RAC, dan The PRime. Artriwara merupakan salah satu mata lomba yang terdapat di dalam rangkaian acara Commiunication Interest Festival (Comminfest) 2017.Artriwara ini diadakan oleh salah satu kelompok profesi/kelompok studi yang bernama Teras Pers Lomba BROADAY berupa Video Blog dan News Presenter bertema Maritim, sehingga pengambilan obyek dapat berupa air atau perairan, perikanan, pariwisata, maupun minyak dan gas. Radio Announcer Competition (RAC) merupakan salah satu dari empat mata lomba yang ada dalam Communication Interest Festival (Comminfest) 2017. Pada mata lomba ini, peserta bisa menambah pengalaman, dan wawasan seputar dunia penyiaran khususnya radio yang akan di implementasikan dalam workshop serta kompetisi berupa single announce. Tahun ke empat The PRime kembali berfokus pada komunikasi CSR. Tahun ini, tema The PRime lebih menggali pada potensi maritim Indonesia dengan menggandeng atensi masyarakat lewat ide kreatif mahasiswa. The PRime dalam Comminfest 2017 akan membawa komunikasi CSR sebagai perhatian baru dalam dunia maritim di Indonesia, yaitu melalui tema “Cakrawarti Samudera”.

Finalis yang terpilih mempresentasikan karyanya dan mengikuti rangkaian Comminfest 2017 yang diadakan tanggal 28-29 April 2017 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kegiatan tersebut ditutup dengan malam penghargaan yang diadakan pada 29 April 2017. (Riama Lestari)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu