Fikom Unpad Turut Meriahkan Ootrad Unpad ke-8

 

ootrad-1

JATINANGOR – Fikom Unpad menjadi peserta Olimpiade Olah Raga Tradisional (OOTrad) ke-8 sebagai rangkaian Dies Natalis Unpad ke-58. Kegiatan yang berlangsung di Stadion Jati Kampus Unpad Jatinangor, Minggu (13/09) ini, diikuti oleh civitas akademika Unpad, mitra, dan masyarakat yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat.

 
Di awal kegiatan diadakan aleut-aleutan (pawai alegoris) yang berawal dari Rektorat dan berakhir Stadion Jati Kampus Unpad Jatinangor. Aleut-aleutan diisi oleh kemeriahan masing-masing kelompok meliputi 6 kabupaten/kota di Jawa Barat, 16 fakultas di Unpad, 12 desa di Jatinangor, dan beberapa lembaga di Unpad. Rombongan Fikom yang berjumlah 55 orang tampak pula menyemarakkan aleut-aleutan ini. Dosen, mahasiswa, dan staf karyawan tampak kompak memakai baju serupa dan berjalan beriringan.

 
Ajang olahraga tradisional digelar setelah semua rombongan aleut-aleutan (pawai) sampai di Stadion Jati. Ada dua jenis olahraga prestasi yang diperlombakan pada OOTrad kali ini, yaitu balap egrang 50 meter sampai 1500 meter dan sapta lomba yang meliputi egrang, ngagandong boboko, balap karung, eyong, manggul beas, nanggung suluh, dan nyuhun jukut.

 
Pengunjung yang memadati Stadion Jati juga diperbolehkan mengikuti eksibisi kaulinan urang lembur. Panitia secara spontan menunjuk pengunjung yang ingin mencoba memainkan permainan tradisonal, seperti perepet jengkol, penca silat, panahan, sorodot gaplok, sumpit, boiboian, damdas, nabuh lisung, galah asin, gasing, gatrik, ucamantian, layang-layang hias, dan damprak.

 
Haleuang Kuliner Sunda diadakan di akhir acara yang menjadi puncak rangkaian OOTrad ke-8 ini. Terdapat pasar kuliner yang menyediakan makanan khas Jawa Barat dan penampilan kesenian Sunda. Pengunjung yang hadir tampak memadati Stadion Jati sampai malam hari karena selain dapat menikmati penampilan musik tradisional, mereka juga memperoleh makanan secara gratis. (Margaretha Sinaga)