Fisip Uniska MA Banjarmasin Kunjungi Fikom Unpad

 
Wadek-1 Fikom Unpad Memberikan Jurnal Fikom Unpad sebagai cinderamata kapada Dekan Fisip Uniska MA Banjarmasin. (Foto Suwito).

Wadek-1 Fikom Unpad Memberikan Jurnal Fikom Unpad sebagai cinderamata kapada Dekan Fisip Uniska MA Banjarmasin. (Foto Suwito).

JATINANGOR– Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Banjarmasin berkunjung ke Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Kunjungan ini diadakan sebagai wujud nyata Fisip Uniska untuk mendorong peningkatan aspek kurikulum dengan merencanakan membuka konsentrasi Public Relations dan Broadcast, sesuai perkembangan peluang usaha di bidang komunikasi yang semakin cepat.

 
Pimpinan rombongan Fisip Uniska dipimpin langsung oleh M. Ali Wafa, S.Sos., M.Si sebagai dekan dan Murdiansyah, S.Sos., M.AP sebagai Pembantu Dekan III dan diterima langsung oleh Wakil Dekan I Bidang Pembelajaran & Kemahasiswaan, Dr. Atwar Bajari, M.Si dan Kahumas Fikom Unpad, Aat R. Nugraha, S.Sos., M.Si di ruang pleno Gedung Dekanat pada Senin, 06 Juli 2015. Kunjungan kali ini diisi dengan acara penyampaian kata sambutan dari pimpinan Fisip Uniska dan pimpinan Fikom Unpad, diskusi mengenai tata cara pembukaan program studi favorit di bidang ilmu komunikasi, up dating kurikulum, dan pertukaran cindera mata.

 
Wakil Dekan Atwar Bajari menjelaskan mengenai perkembangan program studi yang ada di Fikom Unpad, mulai dari sejarah program studi ilmu komunikasi yang telah menjadi favorit di setiap universitas PTN maupun PTS. Selain penjelasan mengenai ke-Fikom-an, Atwar yang juga menjabat sebagai ketua pusat Aspikom memaparkan bahwa memang kondisi ilmu komunikasi sekarang sedang mengalami eksistensi yang tinggi dari para calon mahasiswa. Hal ini terbukti, prodi yang ada di Fikom Unpad pada tahun 2015 ini melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN menjadi prodi-prodi yang terfavorit di Unpad bahkan tingkat nasional. Salah satu, prodi yang favorit tersebut yaitu prodi Televisi & Film, padahal prodi ini baru saja di buka pada tahun ini dengan tingkat persaingannya 1:100 untuk dapat menjadi mahasiswa di prodi Televisi & Film.

 
Disinggung mengenai bagaimana manajemen akademik di Fikom Unpad dalam mengelola prodi-prodi yang ditanyakan oleh M. Ali Wafa, Atwar Bajari mengatakan, prodi yang ada di Fikom Unpad semuanya dari program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor mendapatkan nilai Akreditasi A.

 
Dari hasil diskusi ini, Murdiansyah, mengharapkan ada tindak lanjut untuk dapat saling bekerjasama dalam pembinaan untuk penyusunan dan review kurikulum prodi ilmu komunikasi di Uniska. Dengan demikian, peluang-peluang rekruitmen mahasiswa di daerah Kalimantan Selatan, kota Banjarmasin dapat bersaing dan tetap mempertahankan kualitas lulusannya. Pada akhirnya, perkembangan ilmu komunikasi akan diperluas lagi dengan membuka sejumlah konsentrasi dengan tetap memperhatikan kesesuaian isi kurikulum dan jumlah dosen di Fisip Uniska, demikian disampaikan oleh M. Ali Wafa, S.Sos., M.Si selaku Dekan, dalam paparannya.

 
Sementara itu, Dr. Funny E. Mustikasari, S.Sos., M.Si selaku dosen pengampu prodi Manajemen Komunikasi yang juga Asesor BAN-PT Dikti memberikan penjelasan mengenai tata cara pengajuan akreditasi prodi untuk program sarjana. Pada kunjungannya ke Fikom Unpad, pimpinan Fisip Uniska merasa puas atas pemberian dan penjelasan informasi mengenai manajemen akademik dan kurikulum berbasiskan kompetensi (KBK). (ARN)