Good Trafficers, Korban Kecelakaan Pejalan Kaki Mencapai 21%

 

Keselamatan Pejalan Kaki mahasiswa Humas Fikom Unpad

Keselamatan Pejalan Kaki mahasiswa Humas Fikom Unpad

JATINANGOR – Mahasiswa Progam Studi Ilmu Humas Fikom Unpad, angkatan 2011 dari kelas C belum lama ini bekerja sama dengan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Global RoadSafety Partnership Indonesia (GRSP Indonesia) dan PT. Adira Dinamika Asuransi mengadakan kampanye sosial Good Trafficers dengan tema keselamatan pejalan kaki. Good Trafficers diselenggarakan berangkat dari masih tingginya tingkat kecelakaan pejalan kaki di Indonesia akibat kelalaian dan kurangnya perhatian pejalan kaki terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Menurut Ketua Pelaksana, Mohammad Adli Hafidh, sejak 2007, Pekan Nasional Keselamatan Jalan menjadi agenda rutin tahunan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Sebab kondisi pengguna jalan, khususnya pejalan kaki, di Indonesia masih rentan kecelakaan. Hal ini didukung data Global Status Report on Road Safety 2013 yang menyebutkan bahwa korban pejalan kaki di Indonesia mencapai angka 21% dan hanya 30% pengemudi memberi prioritas
menyeberang kepada pejalan kaki.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan pejalan kaki adalah menumbuhkan kesadaran para pengguna jalan, terutama pejalan kaki agar dapat lebih memperhatikan keselamatan selama berlalu lintas. Karenanya, diperlukan langkah komunikasi strategis dan menarik agar semua orang dapat memahami dan peduli betapa pentingnya keselamatan di jalan raya. Dalam rangka turut mendukung Decade of Action for Road Safety 2011-2020 yang dicanangkan oleh PBB dan Inpres ‘Program Dekade Keselamatan Jalan Presiden Republik Indonesia’ No 4 tahun 2013, “ Kampanye Good Trafficers memprakarsai kampanye keselamatan pejalan kaki melalui medium penyampaian pesan yang kreatif” ujar Adli..

Good Trafficers, sambung Adli, berisi rangkaian 1,2 STEP! Competition; video Public Service Announcement (iklan layanan masyarakat) dan Fotografi, Good Trafficers Street Agent Campaign, serta Social Media Campaign yang sudah dimulai sejak April lalu. Adapun puncak acara berupa seminar “Fotografi dan Advertising”, screening PSA peserta, 1,2 STEP! Photography Exhibition, serta Awarding night yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2014 di Gedung New Majestic, Jalan Braga No.1, Bandung.

Materi seminar bertemakan fotografi dan advertising sebagai produk komunikasi yang informatif dan edukatif. Seminar ini dihadiri oleh masyarakat umum, khususnya para sineas fotografi dan videografi, tanpa biaya. Pembicara dalam seminar ini di antaranya Galih Sedayu (Air Foto Network) Dudi Sugandi (Pikiran Rakyat), Fortune PR team, dan Lance (Sutradara Film). Pemenang lomba mendapatkan Piala Kemenhub RI serta total hadiah senilai belasan juta rupiah.

Berikut adalah daftar pemenang Good Trafficers 1, 2 Step! Competition:
Kategori Public Service Announcement
Juara 1 : “Pangkalan Pintar” oleh HASMBUH Production
Juara 2 : “Haruskan Sampai Seperti Ini” oleh Number One Picture Motion (NOP Motion)
Juara 3 : “Respect Trotoar” oleh Maharana Production House
Kategori Fotografi
Juara 1 : “Safety” oleh Shandi Irawan
Juara 2 : “Jebakan Pejalan Kaki” oleh Muhammad Iqbal
Juara 3 : “Ayo Rebut Kembali” oleh Arnold Panjaitan
Video Juara 1 ditayangkan perdana sebagai official public service announcement Kemenhub RI pada 1 Juli di TV Trans 7.(Ichwan Nur Arifin)