Hapsari Dwiningtyas(Undip) Raih Dua Penghargaan dalam SimNas Komkes

 

Penyaji Terbaik

JATINANGOR – Hapsari Dwiningtyas, peserta simposium nasional Komunikasi Kesehatan dari Universitas Diponegoro berhasil menyabet dua predikat sekaligus, yaitu juara ke-2 Makalah Terbaik, dan juga juara ke -2 Penyaji Terbaik. Ia mengaku senang sekali mendapat kesempatan berharga ini untuk menyampaikan penelitiannya yang bertajuk Memahami Speech Codes Komunitas dan Komunikasi Interpersonal PSK yang Sudah Mengadopsi Perilaku Pemakaian Kondom. Hapsari mendapatkan piagam penghargaan yang langsung diserahkan oleh Dekan Fikom Unpad, Prof.Deddy Mulyana,MA.PhD sebagai penyel;enggara simposium.

 
Hapsari menjelaskan, awal mula penelitian tersebut berasal dari perhatiannya terhadap perempuan yang berprofesi sebagai PSK yang sudah menjadi stereotip akan selalu dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Hal ini menggelitik rasa penasaran Hapsari mengenai pola kehidupan mereka, mengenai lokalisasi, dan juga mengenai pemakaian alat pengaman yang belum mencapai 100% ketika menghadapi situasi dengan profesi mereka.

 
Lebih lanjut, ia menjelaskan mengenai speech codes PSK yang berujung pada kebutuhan ekonomi. Selain itu, penelitiannya juga menjelaskan strategi yang digunakan para PSK dalam melakukan profesi mereka, seperti melalui bahasa, modalitas, dan juga faktor eksternal lainnya. Ia juga mengatakan bahwa hasil penelitiannya merujuk pada kemampuan interpersonal yang berperan penting bagi PSK untuk mempengaruhi pelanggan agar menggunakan pengaman.

 
Berkat penelitiannya ini, Hapsari berhasil merebut dua kategori tersebut. Ia turut mengungkapkan bahwa ia membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan riset ini. Selain itu, Hapsari menjelaskan riset ini merupakan bagian dari disertasinya. (Ryan Putra Gushendra)