Hima Humas Selenggarakan Bedah Buku: Enhancing Your PR Insight

 

 Bedah-Buku-edit

JATINANGOR – Himpunan Mahasiswa Humas Fikom Unpad menyelenggarakan acara Bedah Buku di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (2/5/2016). Mengusung tema Enhancing Your PR Insight, acara yang dibuka untuk umum ini menghadirkan dua penulis yaitu Prita Kemal Gani penulis buku PR Corner dan Feby Siahaan penulis buku I Can Smell Your Blood. Acara ini menghadirkan dua penelaah buku, yaitu Dosen Prodi Humas Fikom Unpad, Dr Evi Novianti, M.Ikom dan Lilis Puspitasari, M.Ikom.

Evi Novianti mengungkapkan, acara seperti ini diharapkan diselenggarakan tidak hanya satu kali agar wawasan mahasiswa tentang dunia kehumasan semakin luas.

Buku PR Corner dari Prita Kemal Gani ditelaah pada sesi pertama. Prita Kemal Gani yang merupakan Founder & Director London School of Public Relations Jakarta ini menjelaskan secara singkat isi dari buku tersebut.

“Terdapat enam hal penting yang harus diperhatikan public relations officer (PRO), yaitu hubungan dengan publik, manajemen isu, perencanaan program kehumasan, riset, hubungan dengan media, dan kompetensi public relations.” Ujar Prita yang juga menjabat sebagai presiden dari ASEAN Public Relations Network.

Menurut Evi Novianti, PRO dalam menjalankan tugasnya, harus tetap memerhatikan  budaya serta kearifan lokal di Indonesia.

Pada sesi kedua, buku berjudul I Can Smell Your Blood dari Feby Siahaan ditelaah oleh Lilis Puspitasari. Menurutnya, buku ini penting bagi calon PRO untuk memahami bagaimana cara menghadapi wartawan. Dalam bukunya, Feby yang juga merupakan seorang media handling trainer mengungkapkan bahwa Ia menemukan banyak kesalahan fatal pejabat, top managers dan juru bicara ketika menghadapi wartawan.

Selain itu, Feby Siahaan juga berbagi pengalaman unik ketika menjadi wartawan dan berbagi tips bagaimana cara PRO menghadapi wartawan.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang PRO, yaitu membina hubungan baik dengan wartawan, tidak menjawab ’no comment’ ketika diwawancara, menguasai public speaking, dan selalu berkata jujur.” Ungkap Feby.

Adelya Drobopolsky selaku ketua pelaksana berharap, acara ini dapat menambah wawasan mahasiswa tentang dunia public relations dari dua sisi, yaitu dari sudut pandang praktisi PR dan sudut pandang wartawan serta memberi bekal bagi para mahasiswa calon public relations di masa yang akan datang. (Andini Putri Pamungkas)