Hima Jurnalistik Gelar Festival Jajanan “Dahar Gahar”

 

Dahar-Gahar-1-edit

JATINANGOR – Dekorasi warna-warni bernuansa festival dan harum masakan yang sedap menyelimuti selasar gedung 2 Kampus Fikom Unpad Jatinangor, pada Selasa siang lalu (20/10). Hima Jurnalistik (HMJ) Fikom Unpad tengah menggelar festival jajanan bertajuk “Dahar Gahar”.

Delapan gerai yang menjual berbagai makanan dan minuman terlihat menggugah selera para mahasiswa yang melintas di area tersebut. Banyak dari mereka yang rela mengantre untuk mendapatkan makanan atau minuman pilihannya. Uniknya, para penjual makanan dan minuman itu pun mahasiswa, tepatnya mahasiswa Prodi Ilmu Jurnalistik Fikom Unpad.

Dahar Gahar adalah salah satu program kerja Divisi Kewirausahaan HMJ. Sistem acaranya, anggota divisi mempublikasikan acara dan menyediakan tempat buat para mahasiswa yang ingin mencoba menjual produknya di acara tersebut. Sebagai imbalan, para mahasiswa tersebut dikenakan biaya sebesar Rp50 ribu untuk satu gerai.

Dahar-Gahar-2-editHarga makanan dan minuman yang di jual di Dahar Gahar relatif murah, mengingat target pembeli produk tersebut adalah mahasiswa. Untuk menikmati sepotong sandwich dengan taburan daging cincang, telur, keju, dan sayur-sayuran, misalnya, pengunjung acara tersebut cukup merogoh kocek sebesar Rp10 ribu. Untuk mencicipi spageti yang lezat, pengunjung hanya perlu membayar Rp8 ribu.

Dinar Safa, Ketua Divisi Kewirausahaan HMJ, menjelaskan bahwa acara tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan para mahasiswa. “Selain bentanggung jawab untuk menghasilkan keuntungan, divisi ini juga berkewajiban untuk menumbuhkan keberanian mahasiswa untuk berwirausaha,” ujar Dinar.

“Dahar Gahar adalah salah satu proker yang tidak berorientasi pada laba, melainkan untuk melaksanakan tugas tersebut.”

Bukan hanya festival jajanan, dalam acara tersebut juga digelar lomba makan antara para mahasiswa. Lomba yang diikuti oleh sepuluh orang mahasiswa tersebut berlangsung cukup sengit dan kemudian dimenangkan oleh Ronggo Astungkoro, mahasiswa Prodi Ilmu Jurnalistik angkatan 2012. (Dina Gurning)