HMJ dan Michael Gill Bahas tentang Industri Media

 
HMJ bersama Michael Gill (Foto Dina Gurning)

HMJ bersama Michael Gill (Foto Dina Gurning)

JATINANGOR – Hima Jurnalistik (HMJ) Fikom Unpad menggelar lagi forum diskusi tentang bagaimana cara membangun sebuah industri media,  Rabu (27/5) di Ruang Pleno Gedung 3 Fikom Unpad Jatinangor. Diskusi yang berada di bawah Divisi Profesi dan Keilmuan HMJ ini dihadiri oleh seorang CEO Fairfax Media Australia, Michael Gill.

 
Acara disksusi dihadiri oleh sekitar 20 mahasiswa Prodi Ilmu Jurnalistik Fikom Unpad. Michael Gill mengungkapkan, poin penting dalam membangun sebuah media adalah manajemen. “Tabel pembagian waktu (time table) sangat penting dalam proses perencanaan,” ujar Gill dalam bahasa Inggris. Selain manajemen waktu, merekrut orang yang tepat juga sangat penting.

 
Perkembangan zaman dan komunikasi yang pesat menuntut para pelaku media untuk berpikir inovatif dalam menyajikan berita. Gill mengatakan, di sinilah tantangan generasi muda untuk menjelajahi lebih dalam dunia media dan pemberitaan.

 
Tak ada waktu atau kondisi khusus untuk mulai membangun sebuah media, sambung Gill. Namun, langkah pertama membangun sebuah media adalah dengan berani mencoba. “You can build a media as long as you know what you’re doing,” ujar Michael lagi.

 
Selain menjadi pemilik media, Michael juga pernah menjabat sebagai pemimpin Australian Associated Press dan Presiden UNICEF Australia. (Dina Gurning).