HMJ dan Trans7 Gelar Seminar dan Workshop Keredaksian Televisi

 

Trans-7-edit

JATINANGOR – Pengetahuan masyarakat terhadap teknologi informasi dan komunikasi kian berkembang. Hal tersebut mengakibatkan tuntutan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia dalam media massa televisi pun meningkat.

 

Menanggapi hal tersebut, Hima Jurnalistik (HMJ) Fikom Unpad dan Redaksi News Trans7 bekerja sama menggelar seminar workshop keredaksian bertajuk “Eksis Jadi Jurnalis TV”. Acara yang digelar di Kampus Fikom Unpad Jatinangor, pada Jumat dan Sabtu (11-12/9) tersebut dihadiri oleh 220 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah, antara lain Jakarta, Lampung, dan Jember.

 

Beberapa pembicara yang berpengalaman dalam bidang pertelevisian berbagi ilmu pada acara tersebut. Pemimpin Redaksi Trans7, Titin Rosmasari, salah satunya, menjelaskan sistem manajemen media televisi di Indonesia lewat seminar tersebut.

 

Selain menimba ilmu lewat seminar, peserta juga diberi kesempatan mengaplikasikan ilmunya lewat simulasi keredaksian. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan ditugaskan untuk meliput suatu peristiwa dengan bimbingan langsung dari para praktisi dari Trans7.

 

Kemampuan para peserta dalam simulasi keredaksian pun dinilai dan dikompetisikan. Salah seorang peserta sekaligus pemenang produser terbaik dalam simulasi tersebut, Reza Firmansyah Ismail, menjelaskan dirinya mendapatkan pengalaman baru dari acara tersebut.

 

“Kelompok saya diajarkan segala proses perencanaan peliputan sampe pengolahan dan penyajian berita, dari rapat budgeting hingga editing. Mentornya langsung dari produser Trans7,” papar Ismail. (Dina Gurning)