Humas G 2012 Gelar Kampanye “Build Your Personal Branding and Stop Cyber Bullying”

 
Talkshow Soberlying (Foto Tiara A)

Talkshow Soberlying (Foto Tiara A)

BANDUNG– Mahasiswa Prodi Humas G 2012 menggelar sebuah kampanye untuk memenuhi mata kuliah PR Event bertajuk Soberlying, kependekan dari “Stop Cyber Bullying”, tema ini didasari karena semakin maraknya kejahatan bullying, khususnya cyberbullying. Kampanye dilakukan dalam beberapa event, dari mulai roadshow ke sekolah-sekolah, talkshow dan kampanye di area Dago Car Free Day.

 
Kampanye Soberlying memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang salah satunya sebuah talkshow “Build Your Personal Branding and Stop Cyberbullying” yang dilaksanakan pada 22 Mei 2015, di Ruang Serba Guna, Kampus Unpad Dipatiukur Bandung, Talkshow ini disponsori oleh Satto Beauty dan juga berkerjasama dengan Work and Play Community, serta mengundang Ginza Rheza selaku General Manager of Dreamers Network sebagai pembicara.

 

Kampanye Soberlying ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat, khususnya kaum remaja, bahwa cyberbullying sudah mulai menyebar dan semakin marak ditemukan di media sosial.

 
Talkshow ini membahas bagaimana efek kejahatan cyberbullying dapat membangun personal branding yang positif pada diri seseorang. Ginza Rheza mengatakan, ada beberapa public figure yang berhasil mendongkrak personal branding melalui cyberbullying yang pernah dialaminya, salah satunya Syahrini.

 

Selaku narasumber, Ginza memberikan masukan serta solusi untuk menghindari kasus cyberbullying dengan cara menggunakan media sosial dengan bijak, tidak meng-update sesuatu yang mengundang komentar negatif dan juga mem-private akun-akun media sosial. Talkshow ini bermaksud menyebarluaskan semangat positif kepada generasi muda untuk menggunakan media sosial dengan lebih bijak.

 
Selain mengadakan talkshow, Soberlying juga mengadakan gerakan Stop Cyberbullying dalam beberapa rangkaian. Rangkaian dimulai dari Roadschool dengan mengunjungi sekolah-sekolah di Bandung, street campaigne, talkshow, hingga main event yang juga diselenggarakan di sekitaran Bandung. Untuk roadschool, seluruh tim Soberlying memberikan pemahaman ke SMPN 14 Bandung.

 

 

Dengan tagline to be heard is not by hurting, tim juga melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kota Bandung, serta mengajak masyarakat untuk ikut melakukan gerakan Stop Cyberbullying di Dago Car Free Day, pada Sabtu (24/5) . Kampanye dilakukan dengan orasi di stand Soberlying, kemudian dilanjutkan dengan long march bersama seluruh tim. Selain itu, hadir pula Sober Agents dengan kostum uniknya melayani para pengunjung di Car Free Day Dago yang bertanya seputar cyberbullying, curhat karena pernah jadi korban, maupun bertanya-tanya mengenai kampanye Soberlying.

 
Riuh gemuruh tepuk tangan yang menarik pengunjung adalah saat seluruh tim Soberlying melakukan flash mob di arena Car Free Day Dago. Tak sedikit pula warga yang merekam moment ini, bahkan ikut menari bersama. Dukungan masyarakat Bandung ditandai dengan penandatanganan spanduk yang telah disediakan tim Soberlying.

 
Kampanye Soberlying ini merupakan tugas mata kuliah PR Event yang diasuh oleh dosen Heru Riyanto,MSi dari Prodi Humas Fikom Unpad. (Tiara Amelia/Natasha Amor/Shafira Putri)