IDEATION 2016: Kampanye Pengurangan Kantong Plastik

 

epicentrum-iwan-koswara-3-edit

JATINANGOR – Himpunan Mahasiswa Manajemen Komunikasi mengadakan kompetisi creative advertising dan workshop tentang Kampanye Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik bernama “IDEATION 2016”. Kegiatan ini meruipakan salah satu rangkaian kegiatan “Epicentrum 2016”

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua Prodi Manajemen Komunikasi Dr.Slamet Mulyana, MSi Sekretaris Prodi Manajemen Komunikasi Dr.Iwan Koswara,MSi, Ketua Pelaksana IDEATION 2016 Hilmi Dzakwan, dan Ketua Hima Mankom Maghfiro Ridho. Selain 10 finalis yang lolos, workshop kali ini dibuka juga untuk 15 peserta umum.

Dalam sambutannya, Slamet berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap kelestarian lingkungan terkait pengurangan penggunaan kantong plastik.

Workshop IDEATION diisi oleh tiga pemateri yaitu Adisa Soedarso dari Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), Intan Wangge dan Astra Damamtoro dari Mirum Agency Jakarta.

Tema yang disampaikan oleh Adisa Soedarso adalah mengenai “Harm of Plastic Bags” alias bahaya kantong plastik. “Setiap tahun orang Indonesia menggunakan 100 milyar kantong plastik dan merupakan penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia,” ujar Adisa. Maka dari itu Adisa menekankan pentingnya media informasi sebagai penghubung masyarakat. Adisa pun mengajak para peserta dan finalis untuk membuat tas belanja dari kaos bekas. Dua karya terbaik mendapat hadiah berupa beauty kit dari sponsor IDEATION yaitu Wardah.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Intan Wangge tentang “Strategic Thinking for Campaign Making”. Intan menyampaikan bahwa ide yang dimiliki oleh kita harus mampu menyelesaikan masalah sesuai insight yang didapat. “Advertising bukan hanya soal bagus atau enak dilihat tapi juga harus memunculkan solusi,” tegas Intan. Dalam penyampaiannya, Intan juga menampilkan video-video untuk memberi inspirasi pada peserta dan finalis.

Terakhir, giliran Astra Damamtoro selaku Head of Creative Mirum Jakarta menyampaikan materinya mengenai “How to Breaking Down a Brief”. Astra menyatakan dalam membedah sebuah brief penting untuk kita memerhatikan keadaan lingkungan sekitar.

“Ketika insight dan solusi digabungkan hasilnya akan menjadi sesuatu yang menarik. Insight ditemukan dalam kegiatan sehari-hari dimana insight dan solusi harus kita cari sendiri. Inilah yang akan membedakan kita dari pesaing kita,” ujar Astra.

Astra dan Intan memberi tantangan kepada peserta dan finalis untuk mencari insight serta solusi dari sebuah masalah. Peserta dan finalis tampak antusias dan berdiskusi untuk menghasilkan ide-ide kreatif sebagai pemecahan masalah tersebut.

Hima Mankom berharap, ajang IDEATION 2016 ini dapat menjadi langkah awal para mahasiswa kreatif mengembangkan ide-idenya agar dapat bermanfaat di masyarakat. Sesuai dengan slogan IDEATION 2016  “Advertising is a message: Make it viral!” dan aneka ide ini dapat membawa perubahan besar dan berpengaruh pada lingkungan. (Iwan Koswara)

 

 

 

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu