IDEATION 2016: Kampanye Pengurangan Kantong Plastik

 

epicentrum-iwan-koswara-3-edit

JATINANGOR – Himpunan Mahasiswa Manajemen Komunikasi mengadakan kompetisi creative advertising dan workshop tentang Kampanye Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik bernama “IDEATION 2016”. Kegiatan ini meruipakan salah satu rangkaian kegiatan “Epicentrum 2016”

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua Prodi Manajemen Komunikasi Dr.Slamet Mulyana, MSi Sekretaris Prodi Manajemen Komunikasi Dr.Iwan Koswara,MSi, Ketua Pelaksana IDEATION 2016 Hilmi Dzakwan, dan Ketua Hima Mankom Maghfiro Ridho. Selain 10 finalis yang lolos, workshop kali ini dibuka juga untuk 15 peserta umum.

Dalam sambutannya, Slamet berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap kelestarian lingkungan terkait pengurangan penggunaan kantong plastik.

Workshop IDEATION diisi oleh tiga pemateri yaitu Adisa Soedarso dari Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), Intan Wangge dan Astra Damamtoro dari Mirum Agency Jakarta.

Tema yang disampaikan oleh Adisa Soedarso adalah mengenai “Harm of Plastic Bags” alias bahaya kantong plastik. “Setiap tahun orang Indonesia menggunakan 100 milyar kantong plastik dan merupakan penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia,” ujar Adisa. Maka dari itu Adisa menekankan pentingnya media informasi sebagai penghubung masyarakat. Adisa pun mengajak para peserta dan finalis untuk membuat tas belanja dari kaos bekas. Dua karya terbaik mendapat hadiah berupa beauty kit dari sponsor IDEATION yaitu Wardah.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Intan Wangge tentang “Strategic Thinking for Campaign Making”. Intan menyampaikan bahwa ide yang dimiliki oleh kita harus mampu menyelesaikan masalah sesuai insight yang didapat. “Advertising bukan hanya soal bagus atau enak dilihat tapi juga harus memunculkan solusi,” tegas Intan. Dalam penyampaiannya, Intan juga menampilkan video-video untuk memberi inspirasi pada peserta dan finalis.

Terakhir, giliran Astra Damamtoro selaku Head of Creative Mirum Jakarta menyampaikan materinya mengenai “How to Breaking Down a Brief”. Astra menyatakan dalam membedah sebuah brief penting untuk kita memerhatikan keadaan lingkungan sekitar.

“Ketika insight dan solusi digabungkan hasilnya akan menjadi sesuatu yang menarik. Insight ditemukan dalam kegiatan sehari-hari dimana insight dan solusi harus kita cari sendiri. Inilah yang akan membedakan kita dari pesaing kita,” ujar Astra.

Astra dan Intan memberi tantangan kepada peserta dan finalis untuk mencari insight serta solusi dari sebuah masalah. Peserta dan finalis tampak antusias dan berdiskusi untuk menghasilkan ide-ide kreatif sebagai pemecahan masalah tersebut.

Hima Mankom berharap, ajang IDEATION 2016 ini dapat menjadi langkah awal para mahasiswa kreatif mengembangkan ide-idenya agar dapat bermanfaat di masyarakat. Sesuai dengan slogan IDEATION 2016  “Advertising is a message: Make it viral!” dan aneka ide ini dapat membawa perubahan besar dan berpengaruh pada lingkungan. (Iwan Koswara)

 

 

 

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat