Info Prodi Ilmu Magister Fikom Unpad

 

Program Magister Ilmu Komunikasi

BAN PT No. 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013
Dengan Peringkat (Akreditasi A)

Penerimaan Mahasiswa Baru

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan 1 kali dalam setahun

Pendaftaran: Setiap saat sebelum perkuliahan mulai (Agustus sampai dengan Februari)

Perkuliahan: Agustus – Desember dan  Februari – Juni

Pendaftaran Online; http//smup.unpad.ac.id

Lokasi Ujian Wawancara; Gedung Pascasarjana Fikom Unpad Jatinangor

Ujian TPB-TPA; Kampus Unpad, Fakultas Psikologi

TOEFL: Kampus Unpad FIB (min. 500)

Pendaftaran: Biaya Seleksi Program Magister Rp.  600.00,-

Biaya Pendidikan;

 

Keterangan S2 Kelas Senin-Kamis

(Rp)

S2 Kelas Kamis-Jumat

(Rp)

SPP/Smt    15.000.000  15.000.000

Proposal Penelitian; Proposal penelitian tentatif paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan Ujian Wawancara sudah diterima di Sekretariat Program Pascasarjana Fikom Unpad Jl. Raya Bandung Sumedang Km 21. Jatinangor, Ruang Pengelola Magister Lt. 3

Program Magister Ilmu Komunikasi memfasilitasi beberapa peminatan yang dicari oleh pasar kerja, yaitu :

  1. Peminatan Kajian Media, dengan mata kuliah peminatan;
  • Media Budaya dan Teknologi
  • Industri Media
  • Critical Issue in Media and Communication
  1. Peminatan Komunikasi Bisnis, dengan mata kuliah peminatan;
  • Strategi Persuasi dan Negosiasi
  • Marketing dan Media Digital
  • Komunikasi Perusahaan
  1. Peminatan Public Relations (Hubungan Masyarakat), dengan mata kuliah peminatan;
  • Managing Corporate Crisis and Issue
  • Creating Shared Value
  • Strategic Creative Branding
  1. Peminatan Ilmu Informasi dan Perpustakaan, dengan mata kuliah peminatan;
  • Manajemen Sistem Dokumentasi
  • Manajemen Pengetahuan dan Informasi
  • Manajemen Pemasaran dan Layanan Informasi

Kurikulum mata kuliah inti Ilmu Komunikasi terdiri dari;

  1. Filsafat Ilmu Komunikasi
  2. Metodologi Penelitian Kuantitatif
  3. Kajian Teori Komunikasi dan Informasi
  4. Komunikasi Strategis
  5. Komunikasi dan Perilaku Organisasi
  6. Komunikasi Multikulturalisme
  7. Metodologi Penelitian Kualitatif
  8. Teknologi Komunikasi dan Perubahan Perilaku
  9. Komunikasi Internasional
  10. Tesis

Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi (Nol SKS); wajib diikuti oleh mahasiswa baru S2 yang berasal dari S1 Non Komunikasi.

Sub-tema mata kuliah pengantar Ilmu Komunikasi

  1. Konteks dan Taksonomi Ilmu Komunikasi
  2. Perspektif Keilmuwan Komunikasi

Ketua Program Magister Ilmu Komunikasi; Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar., M.Si.

Gelar; mahasiswa yang menyelesaikan studi di program Magister Ilmu Komunikasi berhak menyandang gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom)

Dosen Pengajar pada Program Magister Ilmu Komunikasi Unpad terdiri dari tenaga profesional yang berasal dari dalam dan dari luar Universitas Padjadjaran.

Profil Lulusan; profil lulusan Program Magister Ilmu Komunikasi Unpad adalah Akademisi, Konsultan Komunikasi dan Informasi, Peneliti, Auditor Komunikasi. (SL)

Info lebih lanjut: jenny.suminar@unpad.ac.id

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat