Jangan Takut Untuk Naik Haji

 

Duddy-Zein-1JATINANGOR – Masih banyak orang yang kurang pede untuk naik haji dengan berbagai alasan. Padahal segala sesuatunya sudah tersedia selama kita menjalankan ibadah haji. Yang paling penting adalah menyiapkan fisik dan mental karena segala ujian kadangkala muncul di sana.

 
Demikian diungkapkan Drs.Duddy Zein,MSi dosen Prodi Mankom Fikom Unpad ketika diminta memberikan kesan dan pesan selama menunaikan ibadah haji beberapa lalu, pada acara tausiah bulanan Fikom Unpad, Selasa (9/12) di Ruang Oemi Abdurachman kampus Jatinangor.

 
Menurutnya, selama menjalankan ibadah haji sebetulnya segala sesuatunya sudah disediakan dari mulai pemondokan dan akomodasi lainnya. Bahkan uang saku pun diberikan oleh Depag yang disediakan dari ONH yang kita bayarkan. Yang perlu dirubah adalah kebiasaan hidup. Misalkan kita harus kompak dengan teman satu grup karena selama menjalankan ibadah haji kita akan terus bersama mereka.

 
Persoalan makan juga tak perlu dirisaukan karena di sana ternyata banyak orang Indonesia yang berjualan makanan khas Indonesia. Begitu pula masalah bahasa. Karena jemaah haji Indonesia dari dulu selalu jumlahnya tertinggi sehingga banyak pedagang yang bisa berbahasa Indonesia, karena itu tawar menawar dengan bahasa Indonesia bukan sesuatu yang aneh selama di sana.

 
Meski demikian, sambung Duddy dalam menjalankan ibadah haji sikap gotong royong, hidup dalam suasana darurat serta tenggang rasa harus dikedepankan. Dicontohkan Duddy jika selama ini kita tidak pernah menggunakan WC umum, maka setiap hari selama di Mina kita tidur di tenda dan menggunakan deretan WC umum yang seringkali harus antri. (AA)