Jannisha, Seimbangkan Prestasi Akademik dengan Segudang Aktivitas

 
Janisha (Foto Koleksi Pribadi)

Janisha (Foto Koleksi Pribadi)

PENGALAMAN. Itulah yang selalu dicari Jannisha Rosmana Dewi, mahasiswi semester 6 Prodi Jurnalistik Fikom Unpad ini, dalam hidupnya. Hidup menurutnya akan sangat membosankan jika melalui hal yang sama terus menerus. Terbukti dengan berbagai pengalaman organisasi dan student exchange ke luar negeri, Jannisha membuat hidup perkuliahannya lebih berwarna.

 
Jannis, begitu ia sering disapa, baru saja menyelesaikan salah satu program bertaraf internasional yang digagas oleh Asean Youth Friendship Network, yaitu AISEF atau Asean Immersion Student Exchange and Field Trip. AISEF diselenggarakan di Chiang Mai, Thailand sejak tanggal 8 sampai 14 April 2015. Program ini dibentuk untuk mengajak pelajar ASEAN yang bergabung di AISEF dapat mempelajari budaya Thailand dan membangun relasi yang baik dengan pelajar ASEAN lain. Kegiatan yang dijalani oleh Jannis antara lain, merayakan Tahun Baru Thailand dalam bentuk Festival Songkran, mengikuti perkuliahan kewirausahaan dan bisnis di Chiang Mai University, naik gajah dan berkunjung ke kamp gajah, sampai menjalani field trip di sekitaran kota Chiang Mai.

 

 

Mewawancarai Andi F Noya. (Foto Koleksi Pribadi).

Mewawancarai Andi F Noya. (Foto Koleksi Pribadi).

Selain mengikuti kegiatan internasional, Jannis juga terbilang sangat aktif di kegiatan kampus. Di saat yang bersamaan, ia tercatat sebagai ketua divisi riset dan pengembangan LISES (Lingkung Seni Sunda) Unpad, kru di Swara Radio, anggota Komunitas Musik Fikom, anggota divisi media Hima Jurnalistik Fikom Unpad, dan terlibat juga di beberapa kepanitiaan. Meskipun terlihat sangat sibuk di berbagai kegiatan kampus, finalis New York Model United Nation ini masih bisa membagi waktunya untuk mengerjakan tugas kuliah dan berkumpul dengan teman-temannya. Sampai saat ini, Jannis meraih IPK cumlaude yang sempat membawanya menjadi salah seorang finalis Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) 2015 dari Prodi Jurnalistik.

 
Satu hal lain yang unik dari gadis berambut panjang ini adalah kepiawaiannya bermain musik. Jannis mahir bermain piano, kendang, suling, saron, angklung, dan perkusi. Keahliannya ini sampai dianugerahi beberapa penghargaan besar, seperti juara 1 Festival Perkusi Braga (2011), juara 2 Festival Musik Tekstil (2013), dan finalis Festival Flame Band Jawa Barat (2013).

 
Jannis berharap mahasiswa Fikom Unpad mau mengikuti berbagai organisasi dan kegiatan internasional seperti yang telah dijalaninya. Menurutnya, pengalaman dan pelajaran bukan hanya didapatkan dari kampus melainkan pula dari berbagai kegiatan luar kampus yang berpotensi memperkaya diri sebagai mahasiswa. Selain menambah prestasi di CV, Jannis juga yakin bahwa kegiatan seperti ini dapat membawa dampak baik bagi lingkungan baik kampus maupun negara. (Margaretha Sinaga)