Journight, Malam Penghargaan Jurnalistik untuk Mahasiswa Jurnalistik Fikom Unpad

 
Journight-03-edit

Sebagian pemenang berfoto bersama Dosen Prodi Jurnalistik Fikom Unpad, Sahat Sahala Tua Saragih (Foto Ni Putu Trisnanda)

JATINANGOR – Sejumlah mahasiswa Prodi Jurnalistik Fikom Unpad berhasil meraih penghargaan karya Jurnalistik.  Penghargaan itu sebagai apresiasi untuk karya-karya terbaik dari sejumlah mata kuliah yang diikuti oleh para mahasiswa. Pengumuman dan penyerahan hadiah dilakukan pada malam Journight di kampus Fikom Unpad belum lama ini.

Journight kami jadikan sebagai ruang apresiasi dimana pengurus dan anggota HMJ dapat saling mengapresiasi karya-karya jurnalistik mereka. Dengan acara ini, diharapkan para pengurus dan anggota HMJ dapat lebih terdorong dan termotivasi untuk terus berkarya”, ujar Yerica selaku Ketua Pelaksan Journight 2016 belum lama ini.

Journight diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HMJ) Fikom Unpad untuk mengapresiasi karya para anggotanya. Tahun 2016 adalah kali kedua Journight dilaksanakan. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Nusantara” sehingga dalam sekejap Aula Moestopo kampus Fikom Unpad dipenuhi dengan dekorasi ruangan, menu makanan, hingga tema busana yang bernuansa etnik.

Penilaian terhadap karya jurnalistik pada Journight 2016 kali ini terdiri dari 9 kategori. Bekerja sama dengan Prodi Jurnalistik Fikom Unpad maka terpilihlah 9 pemenang dari masing-masing katagori. Meliputi, Penulisan Berita Khas oleh  Dewi Rachmanita (2014), Penulisan Berita Mendalam oleh Chiquita Olivia Riama Hutauruk dan Nurul Nurmala (2012), Jurnalistik Foto oleh Tira Santia (2015), Wawancara Radio oleh Frasetyo Elhida (2014), Teamwork Jurnalistik Radio Terbaik oleh Redaksi Obet (2013) , Jingle Terbaik oleh  Tiga Kala (2013), Karya Jurnalistik Radio Terbaik oleh Bahari (2013), Karya Jurnalistik Cetak Terbaik oleh Redaksi Obet (2013), dan Karya  Jurnalistik Televisi Terbaik oleh Redaksi Obet (2013)

“Intinya, acara Journight itu diperlukan sebagai cermin dan apresiasi” ucap Abie Besman, S.Sos, MH, dosen Produksi Jurnalisme Televisi Fikom Unpad

Selain mendapatkan kesempatan untuk diapresiasi di bidang jurnalistik acara ini juga mewadahi bagi mahasiswa Program Studi Jurnalistik untuk unjuk gigi dan menghibur tamu yang hadir. Acara ini diharapkan dapat menumbuhkan hasrat untuk membuat karya jurnalistik yang memadai dan kreatif, serta  dapat memenuhi hasrat mahasiswa untuk mendapatkan apresiasi tanpa harus mendapatkan revisi. (Ni Putu Trisnanda)